Ilustrasi helm
0
324

Helm di Bawah Rp200 Ribu Banyak, Tapi Jangan Asal Pilih Karena Murah

Gilamotor.com – Di pasaran kita bisa menemui berbagai macam jenis helm dengan rentang harga yang luas. Cari yang murah? Helm di bawah Rp 200 ribu juga ada. Namun, sebisa mungkin pilih helm yang benar-benar memenuhi standar keselamatan dan mereknya terpercaya.

Fungsi dari helm adalah untuk melindungi bagian kepala saat terjadi kecelakaan, tentunya selain harus nyaman saat digunakan helm juga harus memenuhi standar keamanan yang jelas. Harus diakui, semakin mahal sebuah helm besar kemungkinannya memiliki kualitas yang lebih baik baik, begitu juga sebaliknya.

(Baca juga: Jangan Cuma Pakai, Kenali Juga Bagian-bagian Helm dan Fungsinya)

Perlu diingat bahwa kita membeli helm untuk melindungi bagian tubuh yang terbilang vital. Jadi ada baiknya saat beli helm jangan asal murah. Sejumla poin yang perlu diperhatikan ketika Gilmoters membeli helm antara lain:

Standar SNI

Pastikan helm yang akan kalian beli memiliki label SNI, baik murah ataupun mahal produsen helm akan mencantumkan lebel SNI saat dipasarkan di Indonesia. Label ini sendiri merupakan jaminan jika produk tersebut sudah memalui proses produksi yang baik, dengan fokus kepada kekuatan, kenyamanan, dan keselamatan. Intinya, kualitas produknya sudah masuk standar aman.

Bagaimana jika helmnya tidak punya label SNI? Jangan khawatir, Gilmoters hanya perlu memastikan helm tersebut punya label DOT (Department Of Transportation) atau Snell (Snell Memorial Foundation).

Ukuran Helm

Saat ingin membeli Gilmoters harus menyesuaikan ukuran, beberapa pabrikan helm memiliki ukuran kepala yang berbeda-beda. Jangan sampai helm yang kalian gunakan kebesaran ataupun kekecilan, tentunya bisa membuat kalian tidak nyaman saat menggunakan.

Model Helm

Helm terdiri dari beberapa tipe full face, half face, flip up (modular), helm trail. Seluruh helm tipe ini sangatlah recomended untuk kalian gunakan sesuai kebutuhan.

Namun saran Bang Gilmot hindari helm half face pasalnya bagian wajah Gimoters hanya dilindungi oleh visor, tetapi untuk tpe lainnya bagian wajah masih terlindungi oleh chin bar atau pelindungi dagu pada helm full face.

Tali Pengikat (Strap)

Pastikan Gilmoters memilih helm dengan tali pengikat atau strap yang kuat dan tidak mudah lepas tapi mudah dikuncikan. Selain itu, tali pengikat helm pun posisinya harus pas (tidak mencekik atau terlalu longgar), memiliki bahan yang lembut dan nyaman dengan bantalan dagu.

Tentunya helm yang akan kalian beli harus memiliki kriteria seperti di atas, Gilmoters.  Jangan sampai bagian-bagian yang penting malah justru tidak kalian dapatkan di karena asal mengincar harga yang murah misalnya untuk helm bawah Rp200 ribu.