0
342

Ingin Mendapatkan Handling dan Kenyamanan Berkendara, Coba lakukan Ini

Gilamotor.com – Peran shock breaker depan cukuplah penting pada sepeda motor, untuk mendapatkan handling dan kenyamanan berkendara tentunya kalian harus melakukan perawatan ada bagian ini. Pasalnya jika terjadi kebocoran shock breaker handling berkendara tidak akan kalian bisa dapatkan. Hal terburuknya bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Faktor penyebab rusaknya shock breaker adalah kualitas oli yang sudah tidak layak, atau kalian sudah terlalu lama tidak menggantinya. Sehingga menyebabkan daya redam shock breaker menurun, atau volume oli yang tidak seimbang antara bagian kanan dan kiri.

(Baca juga: Komunitas Royal Enfield Salurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami)

Dalam hal perawatan Gilmoters harus memastikan volume oli shock breaker tetap berada di angka maksimal. Rata-rata, standar oli shock breaker depan harus berada di level 75 ml, atau paling tidak berada di level 70 ml. Cara yang harus kalian lakukan adalah mengganti dan menambahkannya.

Untuk melakukan perawatan shock breaker Gilmoters bisa melakukannya sendiri di rumah. Pertama Gilmoters harus melepaskan ban dan sakbornya. Kalian harus lebih dulu menyiapkan kunci L, kendorkan baut yang berada di ujung bawah shock breaker, dan copot satu persatu komponen di dalamnya, termasuk per shock breaker motor

Usai melepaskan baut L yang tadi dikendurkan, dan keluarkan semua oli di dalamnya hingga benar-benar bersih. Selanjutnya tarik bagian asĀ shock breaker (biasanya berwarna mengkilap atau beraksen krom) hingga copot, dan bersihkan bagian as tersebut dengan kain halus. Ingat, bagian ini jangan sampai tergores karena bisa menyebabkan kebocoran oli.

Periksa bagian seal shock breaker dan pastikan kualitasnya masih bagus. Jika terlihat karat atau sudah rusak, segera ganti dengan seal baru. Pasang kembali as dan bagian lainnya, kemudian isi oli lewat baut L yang tadi dicopot Gilmoters.

Terkahir, pasang kembali baut dan bagian lainnya, termasuk bagian gasket yang berfungsi untuk mencegah oli bocor. Jangan lupa juga untuk memasang kembali ban dan spakbor yang tadi sudah kalian copot.

Untuk perawatan tiap harinya Gilmoters bisa membersihkannya dengan cara di lap kering atau dicuci dengan air mengalir. Mudah dan singkat kan Gilmoters.