0
370

Jangan Salah, Ganti Ban Motor Ada Aturannya

GilaMotor.com – Dalam mengganti ban pastinya Gilmoters ingin mencari penampilan dan kenyamanan dalam berkendara. Inilah beberapa alasan banyak yang mengubah ukuran ban motornya menggunakan berbagai ukuran.

Ban motor merupakan komponen yang penting untuk sepeda motor. Oleh karena itu jangan salah dalam memilih ukuran dan pola yang kini banyak pilihannya. Jika kalian salah dalam memilih ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg, hal terburuk yang bisa kalian alami pecah ban, slide, bahkan bisa celaka.

(Baca juga: Tips Aman Memilih Spion Aftermarket)

Mengubah Ukuran Ban

Ukuran lebih besar sering menjadi pertimbangan kalian yang suka ingin mendapatkan penampilan motor yang lebih padat. Yang harus kalian ingat adalah sesuaikan ukuran ban dan velg yang kalian gunakan.

Umumnya, memperbesar ukuran ban akan membuat motor lebih nyaman dikendarai. Tak jarang pengguna motor touring dan harian sering menerapkan cara ini. Pasalnya ukuran ban yang lebih besar akan lebih tebal dan lebih lebar sehingga meredam benturan di permukaan jalan dengan lebih halus, Gilmoters.

Walaupun terbilang nyaman, ukuran ban motor yang besar bisa membuat tarikan motor menjadi berat, apalagi kalau tidak kalian seuaikan dengan kapasitas mesin. Penggunaan ban upsize dalam jangka panjang dapat berpengaruh pada komponen lain seperti gear dan rantai yang jadi lebih cepat aus atau drive belt yang berumur lebih pendek karena tenaga yang digunakan lebih besar.

Yang harus kalian perhatikan ukuran velg dan ban, jika tidak sesuai bentuk ban akan terlihat aneh. Contohnya ban motor dengan ukuran besar kalian gunakan pada velg standart pastinya ban akan berbentuk donat, Gilmoters.

Dalam mengubah ukuran ban tak jarang Gilmoters mengganti ukuran ban yang lebih kecil. Hal ini sering digunakan untuk pecinta balap lurus dan ada juga yang menggunakan untuk harian. Penggunaan ban yang di downsize bisa membuat kendaraan menjadi lebih licin dan mudah slip.

Menggunakan ban dengan profil yang lebih kecil dan tipis, juga dapat membuat bantingan motor jadi lebih ringan. Baik di tikungan maupun di jalanan yang tidak merata, hentakan akan sangat terasa dan bantingan akan lebih ringan sehingga mengganggu keseimbangan.

Balap Motor DragSesuaikan Ukuran Ban

Saat mengganti ban Gilmoters harus menyesuaikan ukuran velg dan ban agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. Untuk itu kalian harus lebih dulu mengetahui ukuran velk yang kalian gunakan sebelum merubah ukuran ban motor, Gilmoters.

Cara paling aman, Gilmoters bisa mengganti pelek dan ban standar bawaan dengan metode plus satu atau plus dua, yaitu meningkatkan ukuran lebih besar satu step atau dua step dari standar pabrikan. Jangan sampai lebih jika kalian ingin mendapatkan kenyamanan dan keamanan, Gilmoters