0
296

Pesan Menhub Kepada Pengendara Motor

Gilamotor.com – Tingginya angka kecelakaan lalu lintas tentunya membuat para pengendara semakin waspada akan bahaya ya Gilmoters. Jika tidak nabrak ya ditabrak, celoteh itu mungkin sering kalian dengan dari para pengendara.

Ditambah canggihnya teknologi malah membuat pengendara semakin terlihat bodoh jika salah tempat dalam menggunakannya, hal ini tentunya sering kita jumpai yaitu berkendara sambil menggunakan smartphone.

“Pada tahun 2017 korban meninggal dunia mencapai 30.569 jiwa atau 3-4 orang meninggal dunia setiap jam. Oleh karenanya sayangi nyawa, kurangi kecepatan,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi.

Berdasarkan data Indonesia Road Management System (IRMS) pada tahun 2017. Di Indonesia terjadi sebanyak 103.287 kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 30.569 jiwa, 14.409 korban luka berat dan 119.944 jiwa korban luka ringan.

“Berdasarkan data Kecelakaan Lalu Lintas pada tahun 2017 menunjukkan bahwa moda sepeda motor memiliki persentase tertinggi yaitu mencapai 72%,” jelas Menhub.

Untuk mengurangi jumlah kecelakaan dibutuhkan peran aktif pemerintah dan masyarakat karena keselamatan jalan tidak mungkin terwujud bila tidak diawali saat ini dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, serta lingkungan kerja sampai akhirnya menjadi budaya dan peradaban bangsa.

“Keselamatan adalah suatu keharusan. Setiap berkendara kita harus menggunakan helm, tidak berboncengan lebih dari dua, tidak menggunakan telepon saat mengemudi dan selalu gunakan sabuk keselamatan. Jadi keselamatan adalah tanggung jawab kita semua,” ucap Menhub Budi Karya.