0
411

Rahasia Visor Helm Tetap Kinclong Saat Musim Hujan

Gilamotor.com – Helm menjadi hal terpenting yang wajib kalian gunakan saat berkendara sepeda motor. Salah satu bagian penting dari helm adalah visornya, fungsinya menjadi pelindung untuk mata agar tidak terkena debu atau benda saat berkendara.

Cuaca yang tidak menetun seperti sekarang kadang membuat visor jadi buram atau bahannya lecet jika salah dalam perawatan. Jika kalian benar dalam merawatnya otomatis visor bisa tetap kinclong untuk digunakan dalam cuaca hujan dan panas.

(Baca juga: Ingin Mendapatkan Handling dan Kenyamanan Berkendara, Coba lakukan Ini)

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan visor yang bersih atau kinclong adalah perawatan berkala, minimal sebelum melakukan pembersihan menggunakan lap visor lebih dulu dibilas menggunakan air keseluruh bagian, caranya:

1.Lepaskan visor helm dari helmnya (langkah ini bisa diskip jika Anda buru-buru).
2.Basahi visor helm, kemudian cuci bersih dengan menggunakan sabun hingga bersih. Ingat, gunakan sabun dan sponge lembut agar kaca bersih maksimal.
3.Bilas visor dengan air dan keringkan dengan lap chamois (kanebo).
4.Terkahir, gunakan krim pembersih kaca secara merata, kemudian lap hingga bersih dengan menggunakan lap lembut.

Photo: Gilamotor.com/Ilham

Gilmoters juga bisa membersihkannya dengan cairan pembersih visor, cara pembersihannya masih sama. Bilas lebih dulu menggunakan air lalu keringkan, dan semprotkan cairan visor secara merata. Seperti yang Bang Gilmoters lansir dari situs Suzuki bahwa untuk menjaga kualitas visor helm ada perlakuan khusus yang bisa kalian lakukan, diantaranya:

1. Lap kaca helm sebelum digunakan.
2. Simpan helm di tempat yang aman atau jauh dari benda-benda yang berisiko menggoresnya.
3. Simpan helm dalam sarung khusus jika ingin disimpan dalam waktu lama.
4. Simpan helm di tempat penitipan helm saat Anda akan memarkirkan sepeda motor di tempat umum, seperti parkiran mall dan lainnya.
5. Usahakan helm agar tidak terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari bisa menyebabkan visor helm cepat buram.

Photo: Harley Davidson