0
306

Solusi Masalah Rem Motor Mengeluarkan Bunyi Berdecit

Gilamotor.com РMotor baru tentunya memiliki kualitas yang baik, namun tak jarang ada juga kekurangannya. Semisal bagian rem motor yang berdecit. Ada banyak faktor yang membuat rem motor berdecit dan tentunya ini karena kurangnya perawatan dan bisa juga akibat kesalahan cara berkendara.

Faktor kurangnya perawatan membuat piranti rem bisa bedecit loh, Gilmoters, pasalnya part tersebut akan menurun kualitasnya dan setiap hari selalu kalian gunakan.

Kesalahan cara berkendara sering kita lihat di jalan raya. Dalam acara safety riding bersama Evalube Yudi Prasetio selaku Instruktur Rifat Drive Labs (RDL) mengatakan banyak dari pengendara motor yang salah dalam meletakan posisi jari secara tidak sadar rem akan bekerja.

Hal ini yang membuat kampas rem cepat termakan, padahal posisi jari seharusnya berada di tuas gas jika tidak menggunakan rem. Berdecitnya suara rem menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi kampas rem dan piringan cakram kalian Gilmoters.

Gejala rem berdecit dan solusi yang bisa kalian lakukan di antaranya :

Kampas Rem Kotor

Kotoran di jalan raya seperti debu dan krikil bisa saja masuk ke dalam sela sela kampas rem atau lumpur saat motor kalian melewati banjir. Yang harus kalian lakukan adalah membersihkan bagian kaliper rem dan kampas rem.

Kampas Rem Habis

Pada bagian kampas rem terdiri dari beberapa bagian yaitu kampas dan besi, bunyi decit dihasilkan dari gesekan antara piringan cakram dan besi kampas. Solusinya, kalian harus melakukan penggantian kampas dengan yang baru

Kampas Rem Slip

Fungsi dari rem adalah untuk mengurangi percepatan pada sepeda motor, Namun jika selalu menekan tuas rem secara terus menerus, material kampas kopling menjadi keras sehingga rem menjadi kurang pakem dan berbunyi.

Piringan Cakram Yang Tidak Rata.

Bunyi berdecit saat pengereman juga bisa diakibatkan karena piringan tidak rata diakibatkan pernah kehabisan kampas rem atau tetap dibiarkan dalam rentan waktu yang cukup lama.

Gejala rem berdecit janganlah kalian remehkan Gilmoters, pasalnya bagian ini terbilang penting untuk keselamatan kalian. Jika terdengar bunyi berdecit saat melakukan pengereman dan tarikan/injakan tuas rem terasa lebih dalam, maka segera cek rem motor kalian.