Modifikasi Yamaha R25
Modifikasi Yamaha R25
0
850

Tips Aman Memilih Spion Aftermarket

Gilamotor.com – Spion menjadi salah satu perangkat yang harus terpasang di sepeda motor, Gilmoters. Fungsinya adalah untuk melihat kondisi sekitar motor dan tentunya memantau kendaraan di belakang kita.

Namun selain fungsi kini penggunaan spion juga dijadikan untuk meningkatkan penampilan motor, terbukti dengan beragam macam spion aftermarket mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu Gilmoters.

(Baca juga: Berniat Mengganti Kampas Kopling YZF-R25? Siapkan Kocek Lebih)

Gilmoters jangan salah dalam menggunakan spion, dan bakal salah jika kalian tidak menggunakan spion pada kendaraan surat tilang bisa kalian bawa pulang. Dalam undang-undang tertulis UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bagi pihak yang kedapatan berkendara tanpa kaca spion, akan dikenakan sanksi berupa denda maksimal Rp 250 ribu rupiah.

Oleh sebab itu Gilmoters wajib menggunakan spion pada kenddaraan kalian, untuk mendapatkan keselamatan dan penampilan bagi motor kalian perhatikan 4 hal penting saat memilih spion aftermarket;

1. Penampilan motor yang kekinian pilih spion dengan bentuk yang modis. Asalkan tidak mengganggu dalam melihat bagian belakang motor (blank spot) dan tidak terhalang oleh lengan kalian.

2. Fungsi lain spion menjadi batas patokan kemudi dengan kendaraan lain, jadi cari kaca spion yang batangnya agak lebih panjang dari setang.

3. Guna mendapatkan penglihatan yang menyeluruh (lebih luas), gunakan spion dengan model kacanya yang agak cembung (konvex mirror).

4. Jangan terlalu sering menyeting posisi kaca spion atau menjadikan kaca spion sebagai tempat menaruh helm ketika parkir, karena akan membuat kaca spion menjadi cepat longgar.