0
128

Tips Menghadapi Jalanan yang Berlubang

Gilamotor.com – Jalanan rusak dan berlubang kerap kita jumpai di selama perjalanan.┬áTak jarang sebagian pengendara kalian mengeluh karena jalan rusak dan berlubang. Lalu, sebaiknya bagaimana sih caranya biar nggak apes kena lubang di jalan?

Menurut Gilmoters saat kita menemukan jalan berlubang di jalur yang kita lalui apa yang harus kalian lakukan? Menghindar atau menghadapi dengan teknik khusus. Ketika melawati lubang dengan kecepatan tinggi, selain rasanya yang tidak nyaman juga bisa merugikan loh, Gilmoters. Mulai dari velk motor yang penyok, ban bocor atau menggelembung dan hal terburuk kalian bisa terpelanting.

Untuk menghindari itu semua Bang Gilmot ingin berbagi tips pada kalian di saat melewati jalan rusak dan berlubang:

Waspada

Jarak pandang pengendara harus sejauh mungkin. Selain itu Gilmoters perlu waspada untuk menghindari lubang. Di isaat kalian ingin menghindari lubang pastikan jarak kendaraan di belakang kalian dan jangan lupa untuk menggunakan lampu sein agar pengendara lain tahu.

Biasanya yang sering terjadi untuk menandakan kalian berpindah jalur dengan menyodorkan kaki, cara ini kurang tepat karena berbahaya untuk diri kita dan orang lain.

Teknik Cepat

Di saat lubang sudah di depan mata cara yang harus kalian lakukan adalah, mengerem sebelum menyentuh bibir lubang. Saat shock breaker depan turun karena menghantam lubang, lepas rem kemudian segera tarik gas kembali. Hal ini dilakukan agar gaya kejut dapat diserap maksimal oleh shock breaker.

Saat melewati lubang angkat sedikit pantat kamu dari jok, agar tidak terpental dari motor. Teknik ini memerlukan latihan untuk dapat menguasainya. Namun jika dilakukan dengan benar dapat mencegah kecelakaan yang dapat timbul akibat melewati lubang.

Menghindari Genangan Air

Gilmoters jangan pernah mencoba-coba untuk melewati lubang yang tergenang air. Karena kamu tidak mengetahui seberapa dalam lubang tersebut. Jika lubang cukup dalam, beresiko motor kamu akan tersangkut dan jatuh.

Jadi kalian sudah tahukan bagaimana cara untuk menghindari lubang di jalan, untuk itu tetap waspada dan fokus saat berkendara.