0
692

AISI dan Kemenperin Bekali Masyarakat Palu Keterampilan Otomotif

Gilamotor.com – Setelah mendapat musibah di akhir tahun lalu tepatnya bulan September 2018 tentunya masyarakat Sulawesi Tengah terus melakukan perbaikan baik dalam perekonomian ataupun pembangunan.

Melihat hal itu AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) bersama Kemenperin berupaya mempercepat kebangkitan ekonomi masyarakat dengan membekali keterampilan teknik sepeda motor dan pengetahuan wirausaha kepada elemen masyarakat di wilayah ini. Pelatihan keterampilan diberikan kepada elemen masyarakat yang terdiri dari unsur pemuda, guru, SMK dan bengkel umum yang terdampak musibah gempa.

(Baca juga: Cocok untuk Perjalanan Jauh, BMW C400GT Hadir di Indonesia)

Pelatihan ini dibagi ke dalam 5 batch yang yang diikuti 500 peserta berasal dari Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kota Palu. Setelah mengikuti pelatihan dan praktik, keterampilan mereka diuji sebelum akhirnya mendapatkan sertifikat kompetensi.

Masing-masing peserta diberikan keterampilan yang berbeda-beda sesuai dengan latarbelakangnya. Semisal kategori pemuda alumni SMK mendapatkan bekal materi berupa pelatihan teknik dasar dan lanjutan, service tips, teknologi sepeda motor dan manajemen perbengkelan dan kewirausahaan.

Peserta dari bengkel umum diberikan materi teknologi terkini sepeda motor, administrasi keuangan, dan akses permodalan. Sementara itu, para guru SMK mendapat materi teknologi terbaru di industri sepeda motor yang diharapkan dapat disampaikan ke siswanya di sekolah.

“Kami ingin masyarakat Sulawesi Tengah segera bangkit dan ekonomi di wilayah ini segera pulih. Karenanya bersama Kemenperin kami berinisiatif memberikan masyarakat bekal keterampilan agar mereka bisa dapat kembali bergerak produktif terutama di bidang otomotif,” ujar Sekjen AISI Hari Budianto.

Masing-masing dari anggota AISI seperti PT Astra Honda Motor, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Motor sebelumnya juga telah memberikan bantuan berupa uang, peralatan yang dibutuhkan atau perbaikan sepeda motor dari masing-masing merk.