Benelli Patagonian Eagle
0
1311

Benelli Patagonian Eagle vs Kawasaki W175, Bahan Motor Custom Rp30 Jutaan

GilaMotor.com – Benelli Patagonian Eagle dan Kawasaki W175 memang berbeda kalau dilihat dari modelnya. Lewat produknya ini, Benelli nampak ingin bermain di kategori motor cruiser dengan harga yang relatif terjangkau. Sedangkan, Kawasaki W175 sudah jelas adalah motor retro modern. Meski modelnya berbeda, namun Benelli Patagonian Eagle dan Kawasaki W175 sama-sama cukup dilirik oleh mereka yang gemar melakukan custom motor.

Daya tarik utama Benelli ialah suara mesin dan knalpotnya yang merdu di telinga. Meski hanya menggunakan mesin 250 cc dua silinder, namun suara yang dihasilkannya terdengar mirip motor yang punya silinder lebih banyak.

Di lain sisi, Kawasaki W175 memiliki tampilan asli pabrikan yang sudah retro. Tinggal butuh sedikit sentuhan untuk menjadikannya lebih sedap di pandangan mata. Nah, buat kalian yang mungkin saja tengah mempertimbangkan untuk memilih salah satunya, simak komparasi lengkapnya di bawah ini.

(Baca juga: Harga Motor Benelli: Cocok untuk Hobi dan Harian)

Kawasaki W175

Benelli Patagonian Eagle vs Kawasaki W175: Desain

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kedua model motor ini memiliki penampilan yang sangat berbeda. Kita bahas dulu dari Kawasaki W175. Kesan klasik cukup kental tercermin dari keberadaan lampu depan bulat dan bentuk tangki bensinnya. Joknya yang dibuat dengan pola-pola jahitan di atasnya juga identik dengan motor dari tahun 1980-an. Secara keseluruhan Kawasaki W175 tampil cukup sederhana, namun menarik perhatian.

Sedangkan Benelli Patagonian Eagle sangat berbeda. Melihat bentuknya maka kita akan diingatkan dengan motor-motor cruiser seperti Harley-Davidson. Setangnya menjulur tinggi ke hadapan rider dan dilengkapi pula sandaran pada bagian jok belakang. Adanya dua pipa pembuangan yang terletak di sebelah kanan motor harus diakui menambah nilai estetika.

Namun secara keseluruhan, penampilan Benelli Patagonian Eagle terlihat janggal karena jaraknya dengan tanah tergolong tinggi untuk sebuah cruiser.

(Baca juga: Segini Modal Bangun Kawasaki W175 Cafe Jadi Cafe Racer Beneran)

Benelli Patagonian Eagle vs Kawasaki W175: Mesin

Untuk menerapkan ubahan-ubahan custom, kedua motor ini cukup mendukung lantaran masih menggunakan sistem pasok bahan bakar karburator. Lalu bila bicara kapasitas mesin, Benelli Patagonian Eagle jelas lebih unggul dengan konfigurasi dua silinder sejajar yang totalnya punya kapasitas 250cc. Mesinnya dilengkapi oil cooler dan transmisi 5 kecepatan.

Lantas kalau menengok ke Kawasaki W175, Gilmoters akan menemui mesin 155 cc yang juga dilengkapi transmisi 5 kecepatan. Bedanya, mesin hanya menggunakan satu buah silinder. Untuk tenaga tertingginya mesin Kawasaki W175 menyemburkan daya terbesar 13 PS pada putaran 7.500 rpm dan toris tertinggi 13,2 Nm.

Benelli Patagonian Eagle vs Kawasaki W175: Fitur

Tak banyak fitur yang bisa diharapkan dari kedua motor ini. Gilmoters tak akan menemukan fitur-fitur semacam smart key atau soket listrik guna mengecas smartphone. Tak ada juga yang namanya lampu LED atau sistem pengereman ABS. Yup kedua motor ini memang sangat sederhana, namun itulah salah satu alasan mengapa ia cocok jadi bahan motor custom.

(Baca juga: 7 Perbedaan Kawasaki W175 Cafe dengan Kawasaki W175 Standar)

Benelli Patagonian Eagle vs Kawasaki W175: Varian dan Harga

Kawasaki W175 hadir dalam varian standar (Rp 29.800.000), kemudian varian SE (Rp 31.100.000), dan yang terakhir varian Café (Rp 32.600.000). Sebagai bahan motor custom, varian standar rasanya adalah pilihan tepat. Walau penampilan motor terlihat sangat polos, toh nantinya Gilmoters akan melakukan banyak ubahan untuk mempercantik visualnya.

Berbeda dengan Kawasaki W175, Benelli Patagonian Eagle hanya tersedia dalam satu varian yang dilepas seharga Rp38.725.000.

Benelli Patagonian Eagle vs Kawasaki W175: Kesimpulan

Lantas mana yang pantas dipilih sebagai bahan motor custom? Jawabannya tergantung pada model motor custom yang akan dikejar. Untuk membuat motor custom bergaya scrambler, tracker, atau semacamnya maka Kawasaki W175 lebih pantas menjadi pilihan. Sementara itu cruiser atau bobber, Benelli Patagonian Eagle adalah jawaban yang tepat.

>>> Simak Artikel Komparasi Produk Lainnya di Sini!