0
786

Jangan Jadikan Parking Brake System Hiasan, Gunakan dan Lakukan Perawatannya

Gilamotor.com – Saat ini produsen sepeda motor terus berlomba lomba memberikan beragam fitur, salah satunya ‘Parking Brake System’. Fitur ini mungkin lebih dulu dikenal pada kendaraan roda empat, namun kini sudah bisa kalian temukan di jajaran motor skutik di Indonesia.

Secara fungsi tentunya cukup membantu kalian saat berada di permukaan jalan yang tidak rata agar motor tetap diam pada tempatnya. Salah satu contoh yaitu pada jalan menanjak dalam kondisi macet, fitur ini bisa kalian gunakan dan tentunya Gilmoters sudah tidak usah repot menggenggam handel rem.

(Baca juga: Honda CB250R Punya Potensi Bersaing di Kelas Naked Bike 250cc Tanah Air)

Namun tak jarang banyak dari pengguna motor tidak memanfaatkan fitur ini, sehingga komponen parking brake system rusak atau keras. Jangan hanya dijadikan hiasan parking brake system harus digunakan dan wajib juga untuk dilakukan perawatan Gilmoters.

Rem parkir ini menggunakan sistem mekanis dengan begitu perawatan yang kalian lakukan juga terbilang mudah. Gilmoters hanya cukup menyiapkan penyemprot penghilang karat, bagian tuas, engsel dan pegas yang harus kalian semprotkan dengan cairan ini.

Disarankan juga untuk melakukan penyetelan jarak main rem belakang jika penyetelan terlalu pendek akan menyebabkan rem parkir sulit diaktifkan, dan begitu pun sebaliknya.

Cara memastikan parking brake system bekerja dengan baik cukup mudah Gilmoters, kalian cukup memutar setelan rem belakang di bagian paha rem sambil mengaktifkan rem parkir sampai kalian rasa parking brake system sudah berada dalam settingan yang pas.