0
391

Cara Komunitas Royal Riders Indonesia Tunjukkan Kepedulian Alam Laut

Gilamotor.com – Anggota komunitas Royal Riders Indonesia (RORI) dari berbagai daerah ambil bagian dalam touring dengan tema “Eco Ride” pada (20-21/4).¬†Tema ini diambil atas dorongan kepedulian merosotnya kondisi terumbu karang yang ada di laut pantai selatan Indonesia.

Puluhan pengguna Royal Enfield dari berbagai wilayah berangkat mulai dari Jakarta – Bogor menuju Ujung Genteng, Kab. Sukabumi dengan menempuh waktu 7 jam dan jarak 130 KM. Jalur yang mereka lewati tentunya jalur berbukit bahkan sempit Gilmoters.

(Baca juga: Komunitas Royal Enfield Salurkan Bantuan Untuk Korban Tsunami)

Donny Hendaris sebagai Presiden RORI mengungkapkan acara Eco Ride merupakan bentuk kepedulian para bikers RORI terhadap lingkungan. Donny menyatakan, para member RORI juga harus diedukasi untuk menjaga lingkungan dimulai dari hal kecil.

Ujung Genteng dijadikan tujuan untuk menanam terumbu karang. Sebelumnya RORI sudah lebih dulu konsultasi dengan pihak terkait, yakni Komunitas Peduli Terumbu Karang Ujung Genteng.

“Ternyata isu lingkungan yang lagi urgent di Ujung Genteng adalah rusaknya terumbu karang akibat penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan,” jelas Donny.

Sementara itu, Muhammad Yusuf dari Komunitas Peduli Terumbu Karang Ujung Genteng menyatakan kerusakan terumbu karang di wilayahnya sudah memprihatinkan. Oleh sebab itu komunitas ini mengajak semua pihak yang berkunjung ke Ujung Genteng untuk ikut peduli isu lingkungan yang ada di wilayahnya Gilmoters.

“Kami selalu mengampanyekan kepada para wisatawan bukan hanya berlibur, tapi juga ikut aktif menjaga lingkungan. Ini untuk keberlangsungan ekosistem laut di sini,” jelas Yusuf.