0
777

DAM Berikan Lima Tips Perawatan Sepeda Motor

Gilamotor.com – Sepeda motor menjadi salah satu transportasi yang digemari oleh kalian dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Hal ini dibuktikan melalui penjualan sepeda motor Honda PT Daya Adicipta Motora (DAM) di wilayah Jawa Barat yang menjual 886.179 unit motor.

Agar terus bisa menunjang aktivitas kalian, tentunya sepeda motor harus mendatkan perawatan secara rutin. DAM selaku main dealer di wilayah Jawa Barat memberikan tips agar sepeda motor yang kita miliki selalu dalam kondisi yang prima.

(Baca juga: Panduan Beli Motor Baru: Komparasi Yamaha NMax 155 vs Honda PCX 150)

Baterai

Karena motor sudah menggunakan sistem injeksi, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya. “Disarankan untuk tidak menggunakan variasi/aksesoris yang berlebih yang dapat menganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri,” kata Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

Oli Mesin

Cek kondisi oli mesin atau pelumas pasalnya peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen didalam mesin agar tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebi awet. “Untuk itu lakukanlah penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Ade.

Service Rutin

Lakukan service rutin sesuai jadwal perawatan berkala untuk memastikan semua komponennya bekerja dengan optimal. Bagi pengguna sepeda motor Honda, lakukan perawatan di bengkel resmi Honda atau AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional.

Baca juga: Artikel menarik lainnya seputar perawatan sepeda motor.

Spareparts

Ganti komponen sepeda motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya. “Dengan kita menjaga komponen sepeda motor tetap dalam kondisi optimal, maka kondisi kendaraan dapat dipastikan dalam kondisi prima,” ujar Ade. Lakukanlah konsultasi dengan AHASS mengenai komponen apa saja yang harus dilakukan penggantian pada sepeda motor.

Ban

Tidak kalah pentingnya adalah tekanan angin ban. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, tetapi jika terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.