Honda PCX AHM
1
104912

Konsumen Honda PCX Asal Surabaya Minta AHM Tarik Produknya

Gilamotor.com – Menjelang setahun kemunculannya, Honda PCX rakitan lokal mulai dikeluhkan oleh konsumennya. Melalui situs Change.org salah satu konsumen Honda PCX 150 yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, coba menyuarakan dan mencari dukungan agat PT Astra Honda Motor melakukan recall Honda PCX 150 lokal.

Pria yang mengaku bernama Andreas Priyanto tersebut mengungkapkan setidaknya ada tiga masalah yang muncul di Honda PCX 150 miliknya. Mulai adanya getaran di putaran mesin rendah seperti yang didefinisikan oleh Andi sebagai “gredeg”. Masalah lain yang dikeluhkannya adalah tarikan gas berat dan mesin tiba-tiba mati.

(Baca juga: Panduan Beli Motor Baru: Komparasi Yamaha NMax 155 vs Honda PCX 150)

Petisi tersebut ditujukan untuk pabrikan sepeda motor Honda yaitu PT Astra Honda Motor. Dalam kurun waktu lima belas jam, petisi tersebut sudah mendapat 250 dukungan. Andreas Priyanto menceritakan kronologis masalahnya sebagai berikut:

“Hari sabtu tanggal 06 April 2019 sekitar pukul 20:00 motor PCX saya tiba tiba mati, kunci kontak (knop) tidak bisa diputar ke posisi ON dari posisi OFF dan indikator lampu tidak menyala padahal indikator di remot berwarna hijau. Kemudian saya mencoba mencoba menekan tombol alarm dan tombol answer-back secara bergiliran, namun buzzer berbunyi pelan (dalam keadaan normal bunyinya keras).

Motor ini saya gunakan dari rumah untuk membeli nasi padang di dekat perumahan, motor saya matikan dengan cara memutar knop di posisi OFF dan saya tinggal sekitar 5-10 menit sambil menunggu pesanan saya selesai. Pada saat hendak kembali ke rumah saya memutar knop kearah ON namun tidak bisa, letak smart keyy ada di kantong celana saya.

Mengalami hal tersebut saya binggung harus berbuat apa dan langsung menghubungi kontak Honda Astra Care di Facebook serta di Instagram. Saya juga menghubungi kepala mekanik Honda Wing Simpang Dukuh Surabaya. Namun belum direspon karena sudah malam.

Saya pun berinisiatif memanggil jasa ojek online (Grab) dengan tujuan menderek motor kembali ke rumah, untung saja posisi stang motor tidak terkunci. Setelah ojek online datang dan saya menjelaskan bahwa motor saya tidak bisa hidup, kami langsung menderek Honda PCX saya dengan cara saya berpegangan pada behel belakang motor ojek online (sangat berbahaya pastinya, namun hanya cara ini yang memungkinkan). Karena jarak antara rumah makan dengan rumah saya -+3KM, saya hanya mendorong motor pada saat tanjakan saja. Alhasil lengan dan pergelangan tangan mati rasa. Sesampainya dirumah saya coba putar knop keposisi ON dan berhasil. Bila mogok dalam perjalanan jauh dan posisi setir terkunci pasti sangat merepotkan sekali.

Apakah layak motor baru tiba tiba tidak berfungsi? Apalagi produksi brand sekelas honda.

Sebelumnya pada pukul 09:00WIB pagi ini saya ngeclaim garansi di Ahass Simpang Dukuh surabaya perihal Gredek yang sering terjadi di Honda PCX. Garansi servis ini saya claim dari servis tanggal 31 Maret 2019.

Masalah yang hampir semua pengguna PCX lokal keluhkan. Setelah servis ditanggal 31 Maret 2019 memang gredeknya belum muncul, tetapi tarikan gas terasa lebih berat dari sebelumnya dan suaranya gas kasar serta konsumsi bahan bakar lebih boros dari sebelumnya.

Masalah Gredek sudah saya sampaikan kepada Honda Astra Care dan di beri respons positif, namun solusi yang diberikan pihak Ahass tidak menyelesaikan masalah. Saya harus bolak balik bengkel ahass dan mengantri sekitar 2 jam untuk mengclaim servis garansinya tetapi tetap saja motor bermasalah. Saya tidak bisa selalu ke bengkel ahaas karena bekerja.

Saya ingin tanggung jawab, terutama masalah PCX yang tiba tiba mati dari pihak PT Astra Honda Motor karena sangat merugikan saya sebagai konsumen. Serta merugikan banyak konsumen pengguna honda lainnya yang mengalami hal serupa.”

Kemunculan Honda PCX 150 lokal pada Februari 2018 silam menjadi alternatif bagi konsumen yang kelas maxi scooter. Berhadapn langsung dengan Yamaha NMax.

Honda PCX sempat meraih sejumlah pengakuan dalam ajang-ajang penghargaan. Seperti Otomotif Awards 2018 yang dihelat oleh Tabloid Otomotif. Saat itu Honda PCX dianugerahi Bike Of The Year 2018, Best of Skutik 150cc, dan Best of The Best Skutik.

Selain itu, Honda PCX juga didapuk sebagai Favorite Motorcycle by Survey pada GridOto Award 2018 dan yang terakhir Forwot Motorcycle of the Year pada Oktober 2018.

Hingga artikel ini diturunkan, pihak PT Astra Honda Motor belum memberikan pernyataan.

1 COMMENT