0
746

Mengenal Ragam Jenis Helm, Ada Yang Multifungsi?

Gilamotor.com – Dalam aktivitas berkendara, helm menjadi perlengkapan yang sangat penting. Pasalnya helm menjadi pelindung bagian kepala terutama otak kita. Dengan begitu kalian harus tahu mana helm yang terbaik untuk kalian gunakan dalam berkendara.

Saat ini ada banyak jenis helm yang beredar di pasaran, tentunya Bang Gilmot hanya menjabarkan helm yang sesuai dengan standar keamanan berkendara ya.

(Baca juga: Jangan Cuma Pakai, Kenali Juga Bagian-bagian Helm dan Fungsinya)

– Open Face

Helm yang biasa dikenal dengan helm open face atau 3/4 saat ini masih digemari pengguna sepeda motor. Saat ini ada banyak model helm open face, namun yang cukup recomend untuk kalian gunakan adalah open face yang sudah menggunakan visor guna melindungi bagian wajah dari kotoran saat di jalan.

– Motocross

Biasanya helm motocross tidak terdapat visor namun Gilmoters bisa menggunakan google pelindung mata dari debu, selain itu bentuk cakil pada jenis helm motocross memiliki fungsi melindugi mulut dan rahang.

Dan tudung wajah yang panjang pada bagian helm berfungsi untuk melindungi wajah dari cahaya matahari yang pasti membuat mata silau. Namun helm ini sangat tidak direkomendasikan jika Gilmoters gunakan untuk berkendara pada kecepatan tinggi, oleh sebab itu dinamakan helm motocross.

Photo : Daishin

– Full Face

Helm ini merupakan jenis yang paling direkomendasikan untuk digunakan, baik dalam perjalanan jauh ataupun dekat. Bahkan para pembalap sekelas MotoGP mempercayakan jenis helm ini ketika balap Gilmoters.

Daftar Harga Helm AGV Rossi - K-3 SV E2205 TOP - FIVE CONTINENTS - 289.95 €
K-3 SV E2205 TOP – FIVE CONTINENTS – 289.95 €

– Modular

Modular kini menjadi pilihan pengguna sepeda motor yang suka touring, pasalnya helm ini bisa dijadikan dua model. Pertama full face dan open face, beberapa kekurangan dari helm ini adalah bobot helm.

Photo: Harley Davidson, Helm Modular Harley-Davidson

– Helm On/Off

Helm on/off memiliki dua jenis yang pertama adalah helm ON/OFF Crossover, helm ini bisa dijadikan beberapa tipe half face, full face, cross dan beberapa bentuk lainnya. Selain itu untuk helm ON/OFF Road Full Face hanya bisa mencopot pada bagian peak dan visor saja lalu menjadi Full Face dan Cross Helmet.

Pada tipe ini Nolan memiliki helm terbaru yaitu N702 X dan GT. Helm ini terbilang multifungsi untuk kalian yang ingin menggunakan satu helm dengan beberapa model hanya dengan mencopot beberapa bagian. Selain itu bobot pada helm ini terbilang ringan Gilmoters, namun harganya mencapai Rp 3,8 juta – Rp 5,4 juta.