test-yamaha-lexi-3
Foto : Istimewa
0
529

5 Tips Aman Berkendara Jarak Jauh dari Yamaha

GilaMotor.com – Aktivitas mengunjungi keluarga di kampung halaman atau yang biasa disebut mudik ibarat momen rutin tahunan di Tanah Air. Terutama ketika menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Untuk perjalanan mudik, sepeda motor memang bukan pilihan terbaik karena jarak yang ditempuh relatif jauh.

Persiapan ekstra pun mesti dilakukan, baik yang bertujuan memastikan kondisi kendaran juga keselamatan pengendaranya. Melihat hal itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menekankan sejumlah poin yang mesti dilakukan.

Tips mudik Yamaha

  • Lakukan pemeriksaan sepeda motor seperti pengecekan oli, tekanan ban, kelistrikan dan fungsi rem.
  • Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi agar konsentrasi berkendara terjaga baik. Disarankan berangkat pagi hari karena kondisi badan lebih fit dan fokus di jalan. Sedangkan kalau berangkat di malam hari bukan jam ideal berkendara karena merupakan jam biologis manusia untuk istirahat / tidur.
  • Berkendara tidak lebih dari 2 jam tanpa istirahat agar tetap konsentrasi di jalan. Gunakan tempat istirahat yang disediakan.
  • Jangan berkendara lebih dari dua orang dan jangan membawa barang berlebihan untuk menjaga safety saat berkendara di jalan.
  • Siapkan jas hujan. Gunakan sepatu yang menutupi mata kaki, helm full face SNI dan body protector, jaket dan celana panjang berbahan yang tebal, sarung tangan
  • Buat perencanaan berkendara dan cek rute terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai rute yang aman dan karakter jalan yang dilalui.

Yamaha Lexi sebagai teman perjalanan

Kemudian kalau bicara motor yang enak buat dipakai jarak jauh, Yamaha memang punya sejumlah pilihan. Produk dari keluarga Maxi Series seperti Yamaha Lexi adalah contoh yang bisa dilirik.

Salah satu pertimbangannya ialah posisi berkendara yang rileks. Selain itu, mesin 125cc-nya juga sudah dilengkapi dengan VVA (Variable Valve Actuation) sehingg menjamin performanya.

“Saya pilih motor ini karena ukuran bodi yang Maxi dan rasanya nyaman. Ruang kakinya luas dan bisa pakai bagasi juga buat membawa barang,” ucap seorang konsumen Yamaha Lexi asal Tangerang bernama Eko Kahono.

Ia menambahkan, fitur-fitur yang dimiliki Lexi juga menjadi alasannya menyukai skuter matic ini. “Colokan charger handphone juga membantu agar handphone tetap aktif dalam perjalanan nanti. Sehari-hari saya juga pakai Lexi buat kerja dan sudah pernah turing seputar Jawa Barat,” papar Eko.