1
627

Tips Aman Hindari Geng Motor Menurut Pakar

Gilamotor.com – Kabar adanya kelompok pemotor yang meresahkan atau begal kembali mencuat. Video beraksi mereka banyak beredar di grup-grup Whatsapp dan media sosial. Hal ini pastinya menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para bikers.

Apalagi untuk bikers yang kerap berkendara larut malam. Tentunya kalian harus lebih waspada dan berhati hati. Sebagai langkah antisipasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

“Entah kenapa, pada bulan baik ini kejahatan pembegalan di jalan marak terjadi. Kewaspadaan dan kejelian pengendara wajib ditingkatkan,” jelas Head of Safety Riding Promotion Wahana.

(Baca juga: 5 Cara Hemat Bahan Bakar dalam Berkendara Motor)

Dalam hal ini Bang Gilmot coba merangkum beberapa tips dari pakar safety riding Wahana Honda Motor dan Jakarta Defensive Driving Consulting. Keduanya memiliki tips untuk menghindari begal di jalan.

– Pemilihan waktu

Jika memang Gilmoters masuk dalam kategori pekerja malam, kalian bisa pulang dengan beriringan dengan rekan kerja. Dan ini menjadi salah satu cara ampuh menghindari pihak-pihak yang berniat melakukan hal jahat. Pasalnya, kalau dipelajari target utama mereka adalah pengendara motor yang melintas di jalan sepi sendirian.

– Pilih jalur

Salah satu pakar menyarankan klbih baik memilih rute memutar (jarak lebih jauh) yang ramai dibandingkan memilih jalan pintas yang sepi. Di tempat ramai, pelaku kejahatan akan segan melakukan aksinya.

– Tidak panik

Jangan panik jika ada kendaraan yang mencurigakan dan segara berhenti di tempat ramai ataupun kantor kepolisian sesuai rute yang ditempuh.

– Kelengkapan kendaraan

Pastikan kelengkapan kendaraan, seperti klakson bisa digunakan untuk menarik perhatian orang sekitar saat terjadi aksi kejahatan. Spion juga penting untuk melihat kondisi sekitar.

– Kemampuan berkendara

Skill berkendara tentunya harus kalian tingkatkan pasalnya dalam kecepatan tinggi Gilmoters harus lebih lihai dalam berendara.

Itu dia sejumlah tips yang Bang Gilmot rangkum dari beberapa pakar. Terlepas dari semua itu, sebaiknya hindari berkendara terlalu larut malam jika memang tidak mendesak.

1 COMMENT