Touring ke Geopark Ciletuh, Gilmoters akan disuguhkan jalanan dengan latar belakang pemandangan pantai. | Foto: GilaMotor.com
0
2446

Kerugian Saat Menahan Gas Motor Matic saat Jalan Menanjat

Gilamotor.com – Banyak dari pengendara motor yang masih salah dalam menggunakan motor, alhasil beberapa part menjadi tidak awet atau rusak. Seperti halnya kampas ganda pada motor matic yang habis tidak rata, ternyata penyebab utamanya gaya berkendara yang salah.

Habisnya kampas ganda motor matic disebabkan oleh pengendara yang sering menahan gas saat kondisi jalan menanjat dan padat Gilmoters. Sementara itu fungsi dari kampas ganda pada motor matic untuk membantu motor matic jalan, dengan kata lain kampas kopling ganda lah yang menyalurkan sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang.

(Baca juga: Ini Risikonya Jika ‘Maksa’ Riding Saat Kondisi Angin Kencang)

Cara kerjanya menggunakan gaya sentrafugal dengan menyalurkan tenaga dan tergantung dengan putaran mesin. Dimana kampas ganda dengan mangkok kopling saat motor dalam keadaa renggang saat motor masih belum digas.

Dan sliding shave akan menekan kampas, merapat meneruskan tenaga dari putaran mesin, ke sistem transmisi CVT, sehingga roda berputar saat motor digas.

Dengan begitu jika gas terus ditahan saat kondisi macet maka kampas ganda motor matic tidak menggigit dengan sempurna. Biasanya kampas ganda depan akan lebih dulu termakan, efek yang akan kalian rasakan adalah kurang nyamannya akselerasi kendaraan.

Hal yang seharusnya kalian lakukan dalam menyambut jalan menanjat yang macet adalah menahannya dengan rem depan atau belakang, atau Gilmoters bisa memanfaatkan fitur brake lock yang dterdapat pada motor matic di bagian rem sebelah kiri.