0
349

Ban Motor FDR Mulai Jadi Incaran Pembalap Drag Bike

Gilamotor.com – Momentum balap drag race dijadikan ajang pengenalan varian ban baru FDR untuk balap trek lurus Gilmoters. PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dan Federal meluncurkan varian Drag ukuran 60/80/17.

Sebelumnya PT SRI sudah lebih dulu melakukan riset panjang bersama pembalap drag race tanah air Gilmoters. Oleh sebab itu saat ini ban motor FDR Drax memiliki bentuk yang berbeda dari ban drag race lainnya.

(Baca juga: Baru Keluar Showroom, Benelli Patagonian Eagle Ini Langsung Dipotong)

FDR Drax memiliki bentuk seperti huruf ‘U’. Alasannya agar ban tetap stabil saat start Gilmoters, namun ketika dipacu akan memberikan gesekan ke trek yang lebih minimal sehingga bisa memberikan catatan waktu yang terbaik.

“Profil ban Drax yang seperti huruf ‘U’ ini menguntungkan karena setelah start pembalap jadi bisa memacu motornya lebih cepat untuk raih best time,” kata Jimmy Handoyo, technical service & development department head PT SRI.

Dengan catatan ban motor FDR Drax rim 1.60 menggunakan tekanan angin ban 17 psi. Gilmoters yang menggunakan ban ini juga bisa menambah atau mengurangi tekanan angin ban hingga 4 psi sesuai dengan bobot pembalap, karakter mesin motor, dan kondisi jalan.

“Dari hasil riset kami bersama sejumlah pembalap drag race, tekanan angin tersebut adalah yang optimal untuk ban FDR. Jika tekanan angin dibuat rendah, seperti 10 psi maka ban akan goyang terutama start. Sebaliknya, jika tekanan angin terlalu tinggi ban akan spin,” ujar Jimmy.

Ban baru dari FDR juga mendapat tanggapan usai Kejurnas drag bike region 1 di sirkuit non permanen Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau. “Di trek beton, ban FDR Drax lebih mencengkeram dan untuk di trek aspal seperti saat balapan di Jambi trek lebih licin tapi ban FDR Drax tetap oke. Saya lebih nyaman pakai ban FDR dibanding ban-ban sebelumnya,” kata Katon Kilup pembalap drag region 1.

Ban motor FDR varian Drax ukuran 60/80-17 bisa Gilmoters dapat dengan harga Rp 300 ribu. Ingat loh Gilmoters ini hanya untuk di lintasan balap drag race saja bukan untuk harian, jangan sampai kalian salah dalam menggunakannya.