0
589

Dijual Puluhan Juta Motor Mini Honda Monkey Punya Sejarah Lucu

Gilamotor.com – Gilmoters ada yang sudah memesan Honda Monkey? kalau sudah memesan pasti kalian tergiur dengan tampilan dan harga yang cukup terjangkau kan. Ternyata motor mini ini memiliki sejarah yang cukup unik sebelum akhirnya stop produksi pada Agustus 2017.

Taman bermain anak di salah satu sudut kota Jepang yang bernama Tama Tech menjadi awal pengenalan Honda Monkey kepada masyarakat. Awalnya motor mini ini adalah wahana permainan anak, motor mini dengan penampilan lengkap seperti tangki dan ban 5 inch.

(Baca juga: Dealer Honda Mulai Pasarkan Motor Honda Monkey)

Nama asli dari motor ini juga bukan Honda Monkey loh Gilmoters. Disebut Honda Monkey karena pengendara motor ini terlihat seperti nyemot maksudnya monyet saat berkendara, padahal nama asli nya adalah Honda Z100.

Peminat motor ini terbilang banyak, alhasil pada tahun 1964 Honda meluncurkan Honda CZ100 yang merupakan Z100 versi street legal untuk pasar domestik Jepang.

Tahun 1967, Honda semakin gencar untuk ekspor Honda Monkey dengan kode Z50M ke Eropa. Honda Z50M memiliki jok yang bisa diatur ketinggiannya dan stang yang bisa dilipat sehingga mudah untuk disimpan.

Berselang satu tahun Honda mulai mengekspor Monkey ke Amerika Serikat dengan kode Z50A. Spesifikasinya tidak jauh beda dengan Z50M, hanya saja Honda harus menyesuaikan persyaratan motor di Amerika Serikat mungkin lebih sedikit ribet ya Gilmoters.

Tahun 1972 motor mini lebih seperti motor seperti sekarang karena sudah dilengkapi dengan suspensi bagian depan, belakang dan transmisi 4 percepatan. Tapi sayangnya, tak semua pasar mendapatkan Monkey dengan kode Z50J ini.

Honda Amerika akhirnya menjual Monkey dengan kode ZB50 yang masuk ke kategori street legal. ZB50 memadukan gaya motor sport dengan motor trail, kebayang tidak Gilmoters? ZB50 dilengkapi dengan rangka alumunium twin spar, suspensi belakang monoshock, dan knalpot yang bergaya upswept.

Setelah setengah abad melanglang buana akhirnya tumbang juga. Honda memutuskan “menyuntik mati” Monkey per mulai Agustus 2017. Hal ini diutarakan Honda di Tokyo Motorcycle Show 2017 pada akhir Maret 2017.

Alasan menyuntik mati motor ini kerena penerapan standar EURO 4. Dan mesin kecil seperti Honda Monkey akan sulit untuk mengikuti standar tersebut Gilmoters. Honda merilis edisi terakhir dengan logo “Monkey Z50 50th Anniversary” dengan beberapa pilihan warna dan harga jual 432.000 Yen atau setara Rp 51,1 juta.

Dan kini PT AHM membawa Honda Monkey buatan Thailand, Gilmoters yang suka dengan motor unik pastinya sudah memesan dan harus masuk dalam antrian inden. Kabar yang Bang Gilmot dapat antrian motor ini sudah full hingga semester satu 2020.

Unik juga kan sejarah dari motor mini Honda Monkey ini Gilmoters, dan saat ini tentunya penduduk Jepang sudah tidak akan berebut untuk menikmati wahana motor Monkey di taman milik Honda yah.