0
493

Fun Rally Touring Wahana, Honda ADV150 Layak Dibilang Motor Adventure?

Gilamotor.com – Awal motor Honda ADV150 diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS) 2019 Bang Gilmot sudah merasakan sensasi berkendara dilintasan semi yang dibuat oleh Astra Honda Motor.

Tetapi rasanya kurang puas kalau hanya test dalam lintasan pendek. Sepertinya harapan Bang Gilmot didengar, dan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang mewujudkan dengan mengadakan ‘Fun Rally Touring Wahana’ dari Jakarta menuju Dieng dan finis di Pekalongan.

(Baca juga: Motor Honda ADV150 Sikat Nominasi Terbaik FMY 2019)

Perjalanan dimulai dari kantor pusat Wahana Artha di Jl. Gunung Sahari 32, Jakarta Pusat pada (18/10). Disini ada 19 motor Honda ADV150 dan 2 Honda PCX 150, sementara Bang Gilmot mendapatkan Honda ADV150 warna silver CBS (Combi Brake Sistem). Dengan postur badan Bang Gilmot yang mencapai 180cm tentunya bisa dengan mudah menapakan kaki ke jalanan.

Pagi hari rombongan Fun Rally Touring akan berangkat pukul 08.00 wib, kemacetan kota Jakarta akan menjadi cobaan bagi rider dan Honda ADV150 diawal perjalanan. Dimensi motor yang cukup gambot tidak membuat kesulitan saat menyalip, ditambah gas dan rem yang masih bekerja dengan baik. Namanya juga motor baru Gilmoters.

Lepas dari Bekasi menuju titik pemberhentian pertama di Cikampek, Honda ADV150 masih cukup membuat rasa penasaran Bang Gilmot dengan top speed dari motor ini Gilmoters. Usai ibadah Jum’at dan makan siang rombongan bergegas untuk menuju rest poin selanjutnya untuk melakukan pengisian bahan bakar yaitu Cirebon.

Sebelum memasuki Cirebon Bang Gilmot mendapatkan top speed di jalur Lohbener kabupaten Indramayu, Gilmoters yang doyan touring pastinya hafal sama jalur panjang dengan pemandangan hamparan sawah pada kanan dan kiri jalan. Di jalur ini Bang Gilmot mendapatkan top speed 115 km/jam, ngga papa hanya segitu pasalnya motor ini bukan untuk kecepatan Gilmoters.

Setelah isi bensin di Cirebon Rombongan Fun Rally Touring Wahana melanjutkan perjalanan menuju Brebes dan Tegal untuk kembali istirahat makan dan ibadah. Untuk melanjutkan perjalanan menuju Dieng sebelumnya panitia kembali mengingatkan kepada para peserta touring untuk tetap waspada dan menyiapkan fisik, pasalnya jalur Kajen – Linggosari – Paninggaran – Kalibening – Wanaraja – Batur sampai Dieng terbilang sempit dan berkelok serta udara yang dingin.

Disinilah Honda ADV150 bekerja keras sebagai motor adventur pasalnya handling, tarikan gas dan rem wajib bekerja dengan baik saat tikungan, turunan dan jalur menanjak. Cuaca yang cerah dan malam yang gelap membuat lampu LED menyinari jalanan dengan terang, tetapi saran bang Gilmot kalian harus lebih dulu setting ketinggian lampu dan jangan gunakan lampu hazard ketika jalan rombongan pasalnya bisa menyilaukan pengendara dibelakang Gilmoters.

Cuaca dingin Dieng membuat konsentrasi sedikit ambyar Gilmoters, alhasil seluruh peserta harus menikmati dingin dibalik selimut. Ke esokan paginya seluruh peserta mengunjungi obyek wisata Dieng dan bergegas untuk menuju Pekalongan Gilmoters.

Untuk menuju Pekalongan rombongan Fun Rally Touring Wahana diajak melalui jalur Batang yang mana jalur ini lebih sedikit ekstrim, karena berbukit dan bebatuan. Suspensi, rem Honda ADV150 dan handling motor sangat diandalkan oleh para riders Gilmoters. Rem cakram depan belakang mampu meredam laju motor saat di jalan menurun dengan begitu tidak ada yang mengalami slide saat diturunan.

Lelah mendapatkan jalur jelek akhirnya rombongan berhenti untuk istirahat di Forrest Coffee dengan suasana hutan lindung yang sejuk. Usai melepas lelah rombongan Fun Rally Touring Wahana kembali harus merasakan jalur jelek untuk tiba di kota Pekalongan.

Keluar dari hutan lindung suasana ramai jalanan sangat Bang Gilmot rasakan, tentunya Honda ADV150 harus kembali menghadapi start stop dijalur padat. Di Pekalongan rombongan Fun Rally Touring Wahana akan bermalam di salah satu anak usaha Wahana Artha Group yaitu Hotel Santika yang letaknya di depan stasiun Pekalongan.

Dalam perjalanan kali ini dapat Bang Gilmot simpulkan bahwa Honda memang motor yang diperuntukan untuk adventur dalam skala ringan seperti jalur meuju Dieng ini Gilmoters, sementara untuk dijalur lurus seperti Pantura rasanya masih nyaman jika kalian tempuh pada kecepatan 80 km/jam dan coba Gilmoters rasakan perbedaan tarikan diatas kecepatan 80 km/jam, lebih ngejambak. Total perjalanan Fun Rally Touring Wahana 560 Km dengan rata-rata konsumsi bahan bakarnya 43,1 Km/liter.

Dalam perjalanan Fun Rally Touring Wahana bukan hanya mengajak untuk merasakan Honda ADV150 tetapi mereka juga mengajak Bang Gilmot untuk mengetahui kerajaan bisnis Wahana Artha Group seperti PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI) yang bergerak pada ritel kendaraan, PT Sahari Multi Investama (SMI) menempatkan bisnis Hospitality, PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) yang mengurusi layanan costumer loyalty dengan produk Honda VIP Card, PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI) pada bidang ritel.