0
510

Musim Hujan Bukan Halangan Untuk Berkendara, Asal Ikuti Tips Ini

Gilamotor.com – Musim hujan sudah mulai kita jumpai belakangan ini Gilmoters, otomatis sebagai pengendara yang baik kalian harus selalu siap menghadapinya. Bang Gilmot ngga mau lagi deh melihat kalian jadi biang kemacetan karena berhenti disembarang tempat ketika hujan turun, hal ini dapat merugikan pengguna jalan lainnya Gilmoters.

Beberapa waktu lalu Bang Gilmot mendapat kiriman tips dari Tim Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) untuk Gilmoters dalam  berkendara dengan kondisi hujan. Sayang banget jika informasi ini kalian lewatkan atau tidak dilakukan.

“ Kita perlu lebih sigap dan cerdas menyikapi berkendara pada musim hujan yang mulai tiba. Kondisi fisik, perlengkapan yang pas, kesiapan motor, hingga berapa trik berkendara aman harus diketahui saat hujan,” jelas Head of SRP Wahana, Agus Sani.

Berikut beberapa tips, trik dan saran untuk berkendara pada kondisi hujan pada intensitas sedang hingga tinggi:

– Gilmoters wajib membawa jas hujan tipe atas bawah agar mudah digunakan saat berkendara. Hindari penggunaan jas hujan ponco karena rentan kecelakaan.

– Gunakan helm standar SNI dengan menggunakan visor, helm jenis full face adalah yang terbaik untuk melindungi kepala dan air hujan. Ditambah lagi dengan aksesori anti fog jika helm sudah ada pinlock.

– Pahami kondisi jalan yang Gilmoters lalui, waspada terhadap genangan air yg ada di jalan raya, jika kita belum memahami rute yang kita lewati.

Naik Motor Musim Hujan

– Jagalah jarak motor anda dengan pengguna jalan lainnya. Dan untuk motor yang sudah menggunakan fitur hazard jangan digunakan karena dapat membahayakan pengendara lainnya.

– Pastikan motor dalam kondisi baik seperti rem, ban serta tekanan anginnya, hingga kelistrikan seperti lampu yang sangat dibutuhkan ketika hujan supaya dapat di lihat pengguna jalan lainnya Gilmoters.

– Ketika ingin menggunakan jas hujan, pastikan lokasi untuk berteduh aman dan tidak menggangu pengendara lainnya. Jika memang hujan terlalu deras dan mengharuskan Gilmoters berteduh ada baiknya berhenti di tempat yang aman semisal rumah makan, sambil menunggu Gilmoters bisa isi perut dan menikmati kopi tentunya.

Dengan mengikuti tips ini tentunya hujan bukan jadi halangan lagi untuk Gilmoters berkendara melakukan aktivitas keseharian. Tetap aman dalam berkendara Gilmoters, ingat selalu keluarga yang menunggu di rumah.