Tips Naik Motor Musim Hujan
0
686

Celaka Mengintai, Musim Hujan Pengguna Motor Wajib Perhatikan ini

Gilamotor.com – Musim hujan sudah didepan mata nih Gilmoters, tetapi bukan jadi halangan untuk gas tipis menjalani aktivitas. Namun untuk mendukung itu semua motor kalian wajib dalam kondisi sehat pasalnya musim hujan harus lebih ekstra dalam melakukan perawatan.

“Sebenernya sih melakukan perawatan bukan hanya musim hujan, tetapi perawatan harus dilakukan secara rutin. Karena motor mogok tidak mengenal musim hujan dan panas,” buka Heri mekanik Sobo Motor.

(Baca juga: Motor KTM Alami Pembaharuan Menyambut Tahun 2020)

Lebih lanjut Heri menjelaskan menjelang musim hujan lebih baik mengantisipasi dengan melakukan penggantian yang memang sudah seharusnya diganti dengan alasan musim hujan lebih riskan dengan adannya genangan air, lintasan yang basah dan pasir yang menempel.

Oleh karena itu ada beberapa part yang wajib diperhatikan ketika memasuki musim hujan Gilmoters.

Ban Motor

Hydroplaning terjadi saat hujan dan mengganggu performa ban. (Foto: roadridermca.com)

Cek kedalaman ban, jika sudah mencapai TWI (Tread Wear Indicator) bisa langsung Gilmoters ganti. Untuk kalian yang ingin mengganti ban untuk motor harian lebih baik pilih tipe wet and dry yang mana tipe ini cocok digunakan dalam kondisi aspal yang kering atau basah.

Rantai Motor

dok. hargaa.id

Cek ketegangan rantai dan ketajaman gir, semprotkan chain lube secara berkala dapat meringankan proses kerja gear set. Jika rantai kendor Gilmoters bisa langsung atur kekencangan rantai agar tidak lepas saat dijalan.

Pengereman Motor

Pengereman terdiri dari beberapa bagian, namun yang wajib Gilmoters perhatikan ketebalan pada kanvas rem dan minyak rem. Pastikan kedua bagian ini masih dalam kondisi tebal dan terisi full untuk minyak rem.

Cop Busi

Pengengecekan busi

Part ini emang jarang sekali dicek. Tapi untuk di musim hujan seperti ini, ngecek cop busi cukup penting juga, Gilmoters. Kalo air udah terkena busi, motor udah pasti bakal rewel, bahkan bisa mogok.