0
921

Jangan Salah Memperlakukan Dan memilih Ban Motor di Musim Hujan

Gilamotor.com – Musim hujan sudah mulai datang nih Gilmoters, kalian jangan lupa untuk memperhatikan si karet bundar atau ban motor yang memiliki peran penting pada sepeda motor.

Dalam hal perlakuan tentunya ada beberapa bagian yang harus kalian perhatikan, Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen Ban IRC berbagi tips nih untuk Gilmoters yang rutin menggunakan motor dalam beraktivitas.

(Baca juga: Dua Pilihan Paket Penghilang Gredeg Honda ADV150)

Tiga hal perlakuan ban dimusim hujan diantaranya, Check kedalaman ban atau istilah lainnya groovedepth. “Jika sudah mencapai tongolan TWI (Tread Wear Indicator) kudu ganti, jangan mengganti ban ukuran lebih kecil, tekanan angin mesti standar” kata Dodi.

Indiator TWI letaknya dibagian dinding ban, indikator ini menjadi salah satu ukuran keausan ban. Untuk ukuran standar menjadi batas minimal menggunakan ban motor Gilmoters. Sementara untuk ukuran angin Gilmoters bisa melihat pada bagian dinding ban motor, dan tentunya untuk ukuran setiap tipe motor berbeda – beda.

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan pengguna motor saat musim hujan tekanan angin pada ban biasanya dikurangi 2 psi – 3 psi dari ukuran standar. “Beberapa bikers ada yang begitu, tujuannya biar posisi contac area ke aspal lebih besar dan untuk pembuangan air,” tambah Dodi.

Selain perlakuan diatas, Dodi juga menyarankan untuk membeli ban motor yang memiliki grove banyak agar bisa membuang air pada karet bundar secara maksimal Gilmoters.