0
444

Sering Menggunakan Ponsel Saat Berkendara Kutu Community Satroni Markas Ojol

Gilamotor.com – Penggunaan ponsel saat berkendara tentunya melanggar aturan lalu lintas, bahkan kehadiran ojek online (Ojol) malah memperbanyak laporan dan pemandangan penggunaan ponsel saat berkendara.

Melihat hal itu Kutu Community, salah satu komunitas scooter di Indonesia cukup konsisten dalam memberikan edukasi safety riding kepada para pengendara. Kali ini giliran markas ojol di wilayah Depok yang disatroni oleh Kutu Community.

(Baca juga: Modifikasi Honda ADV150, Perkuat Karakter Motor Petualang)

Sosialisasi ini bertemakan “Ponsel + Naik Motor = MAUT”, Bang Gilmot setuju banget sama kampanye ini pasalnya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain loh Gilmoters.

“Fakta di lapangan banyak pengendara motor terutama pengemudi Ojol yang telah menjadikan penggunaan ponsel saat mengendarai tunggangannya sebagai kebiasaan,’ ujar Yuri Rahardan, Sekjen Kutu Community.

Himbauan untuk tidak menggunakan ponsel saat mengendarai motor ini pun mendapat sambutan baik dari semua pengemudi Ojol yang hadir. Faktor ekonomi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yang menjadi penyebab para Ojol sering menggunakan ponsel saat berkendara untuk mendapatkan order penumpang dan melihat peta jalan Gilmoters.

Layaknya seperti keluarga sekitar 40-an pengemudi Ojol terlihat antusias mengikuti sosialisasi yang diberikan oleh member Kutu Community. “Bisa abang-abang bayangkan jika terjadi kecelakaan saat abang semua sedang mencari nafkah saat berkendara. Dampaknya akan dirasakan juga anak-istri di rumah.” papar Taufik, member Kutu Disrik Depok.

Bukan hanya melarang, Kutu Community juga memberikan solusi agar pengendara ojol ini bisa tetap mendapatkan rezeki melalui aplikasi dan tetap bisa berkendara dengan aman tanpa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Dalam kampanye ini para Ojol diberikan pin dan stiker keselamatan yang ditempelkan di sepeda motornya sebagai tanda pengemudi Ojol tersebut tidak akan menggunakan ponsel saat berkendara, tapi mencari tempat aman untuk parkir terlebih dahulu baru menggunakan ponsel.