0
319

Jual Motor Jadi Penopang Kerajaan Bisnis Wahana Artha Group

Gilamotor.com – Perjalanan bisnis Wahana Artha Group (WAG) yang sudah berusia 48 tahun terus mengalami peningkatan Gilmoters, terlebih group bisnis WAG yang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

48 tahun menjadi usia yang tentunya sudah matang, terlebih diawal perjalanan bisnis WAG sudah merasakan segala macam manis pahit dalam berbisnis. Jual motor ternyata menjadi awal bisnis Wahana berjalan higga kini masih jadi penopang dari kerajaan bisnis WAG.

(Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Gagal Hadir di Ancol)

Selain Otomotif, WAG juga memiliki unit bisnis lainnya mulai dari kuliner, logistik, hotel, digital dan lain sebagainya Gilmoters. Yuk coba kita intip unit bisnis WAG satu per satu.

Otomotif

Memulai dari jual motor kini PT Wahana Makmur Sejati sudah menjadi main dealer sepeda motor Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang yang menguasai 74% pasar di wilayah tersebut.

Bisa terhitung setiap tahunnya mampu menjual 400.000 unit motor Honda dari 116 jaringan dealer, sementara untuk perawatan WMS menyediakan 322 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jakarta dan Tangerang.

Selain itu, seluruh AHASS wajib berikan standar pelayanan yang ditentukan Main Dealer untuk menjaga kepuasan dan kenyamanan konsumen seperti booking service dengan Wanda, Pit Express (layanan cepat untuk perawatan reguler), service antar jemput dan layanan service kunjung. Sisi sarana juga diperhatikan, pasalnya kini setiap AHASS diwajibkan punya ruang tunggu dilengkapi AC dan televisi, minuman dan snack gratis, hingga jaringan free Wi Fi.

(Baca juga: Tambahan Hari Libur, Yuk Rencanakan Perjalanan Touring)

“Bisnis main dealer sepeda motor memiliki keunikan tersendiri khususnya di Jakarta dan Tangerang. Itulah sebabnya kami berupaya meningkatkan kepuasan konsumen secara konsisten salah satunya dengan menjalankan standar terbaik,” jelas Chief Marketing Officer Wahana, Edi Setiawan.

Masih dalam lini otomotif Gilmoters, WAG juga memiliki anak usaha yang bergerak di bidang ritel sepeda motor Honda. Lebih dikenal dengan PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI) yang kini memiliki 32 jaringan di selurruh Indonesia.

Sejalan dengan itu kerajaan bisnis WAG memiliki anak usaha yang bergerak di bidang logistik transportasi yaitu PT Tristar Trasindo. Saat ini Tristaar miliki ratusan unit armada yang dibagi menjadi tiga tipe transportasi yaitu 166 unit motor carrier beragam ukuran, 94 car carrier, 65 armada cargo, dan 16 unit armada towing untuk roda dua dan empat.

Digital

Perkembangan teknologi membuat anak perusahaan dari WAG terus mengimbanginya utuk menopang bisnis WAG yang sudah berjalan Gilmoters. Dalam bidang otomotif turut hadir aplikasi Wanda (Wahana Honda), yang mana aplikasi ini untuk mempermudah konsumen Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang.

“Sejak dibangun, kami ingin Wanda menjadi aplikasi yang menyatu dengan konsumen, semua kebutuhan konsumen Honda dapat dirangkum dengan kemudahan yang disediakan Wanda,” tambah Edi.

(Baca juga: Siapa Sangka Empat Motor Bekas Ini Punya Harga Puluhan Juta)

Disamping itu PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) ikut kembangkan kartu berbasis web dan layanan whatsapp center. Yang mana, setiap konsumen baru sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang dapatkan kartu member banyak manfaat dari produk Honda Vip, Card Plus.

Kartu ini tidak hanya sekedar kartu dengan beragam diskon di ratusan merchant, Card Plus juga berikan manfaat asuransi kecelakaan diri. Tidak hanya nama pemilik motor, nama keluarga yang terdata di dalam Kartu Keluarga juga dapatkan manfaatnya Gilmoters.

Hotel

Kerajaan bisnis WAG juga sudah berkembang dan lewat PT. Sahari Multi Investama (SMI) sudah miliki 7 hotel yaitu Hotel Santika Kelapa Gading Jakarta, Yello Hotel Manggarai Jakarta, Amaris Bogor Padjajaran, Amaris Sriwedari Solo, Santika Pekalongan, Santika Radial Palembang, dan Santika Banyuwangi.

Selain itu Gilmoters yang suka traveling kalian bisa menikmati penginapan yang lebih cocok untuk para traveling. Temmu Co Living adalah satu lini bisnis penginapan dengan konsep yang unik yaitu BunkBed.

Kuliner

Saat ini bisnis kuliner WAG tersebar di berbagai mall dibawah manajeman PT. Kyochon Indonesia sebagai pemegang master franchise langsung dari Korea. Hingga kini Kyocon memiliki 6 outlet yang berada di Mall Kota kasablanka, Mall Pacific Place, Mall Gandaria City, Mall Pondok Indah Mall 1, Mall Kelapa gading, dan Office Tower Hermina Kemayoran Jakarta Pusat.

CSR (Corsporate Social Responsibility)

Kerajaan bisnis WAG yang terus menjamur membuat sadar akan rasa beersyukur, alhasil Wahana Artha Group juga miliki lembaga sosial nirlaba yang fokus di empat bidang, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan lewat Yayasan Wahana Artha (YWA).