0
998

Cek Busi Motor Bisa Terhindar Dari Kejahatan di Jalan

Gilamotor.com – Kejahat bisa terjadi karena ada niat dan ada kesempatan ujar Bang Napi, dengan begitu Gilmoters wajib berhati – hati dan mengantisipasi nya. Antisipasi yang bisa kalian lakukan adalah memastikan motor dalam keadaan baik, salah satunya cek busi motot.

Busi dalam keadaan tidak baik tentunya membuat perfoma motor jadi loyo, pasalnya busi berperan untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.

Untuk mastikan busi dalam keadaan baik Gilmoters hanya membutuhkan beberap kunci untuk membuka bodi dan kunci busi sesuai ukuran. Satu peralatan tambahan yaitu kaca pembesar, bukan untuk melihat kuman melainkan untuk melihat kerusakan pada busi. Satu pesan Bang Gilmot, dalam mencopot busi usahakan dalam keadaan dingin.

Usai busi digunakan biasanya busi memiliki gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan
normal pun bisa kita lihat secara jelas. Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi, biasanya dalam kondisi seperti ini penggantian busi menjadi alternative pilihan yang terbaik dibanding harus membersihkannya Gilmoters.

Kalaupun harus membersihkan ada beberapa hal yang harus kakian perhatikan, saat membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian di bersihkan menggunakan kain. Busi tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat karena akan merusak komponennya.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan tentunya cara ini bisa membuat motor kalian dalam keadaan baik Gilmoters, tentunya kalian akan terhindar dari mogok dijalan dan mengantisipasi kejahan di jalan raya Gilmoters.