0
293

Komunitas Sumut Bergerak Perangi Pandemi Covid-19

Gilamotor.com – Sumatera Utara yang menjadi bagian dari Indonesia tentunya juga mengantisipasi atas penyebaran pandemi covid-19. Komunitas Sumatera Utara yang terdiri dari trail adventure XTrim Indonesia, Lembaga First Aid Indonesia Sumut dan Vertikal Resque Regional Sumut membentuk Tim Relawan peduli disinfektan Covid-19.

Relawan Peduli Disinfektan (RPD) Covid-19 adalah gerakan yang lahir atas dasar rasa kemanusiaan. Meski baru secara resmi mengusung nama RPD (6/4), namun, Tim Relawan ini sudah melakukan aksi sosialnya sejak 28 Maret 2020 Gilmoters.

(Baca juga: Wahyu Nugroho Cetak Point di Seri Perdana ARRC 2020)

“Pakai nama RPD semata biar fokus, karena pekerjaan utama RPD adalah penyemprotan disinfektan,” tegas Musa Idishah Ketua Umum XTrim Indonesia, komunitas trail adventure yang bermarkas di Medan.

Kehadiran RPD Covid -19 Sumatera Utara murni diprakasai oleh komunitas otomotif di Medan, Sumut. Tim Relawan ini dibentuk spontan akibat pandemi Covid-19 dengan mengandalkan dana dari donatur internal.

“Gabungan tiga komunitas yang bermarkas di Medan, yaitu XTrim Indonesia, Lembaga First Aid Indonesia dan Vertikal Resque Regional adalah yang mengawali pembentukan Tim Relawan ini ” tambah pria tinggi besar akrab dipanggil Doddy itu.

Setelah resmi pakai nama RPD, baru kemudian bergabung Indonesia Off-road Federation (IOF) Pengda Sumut dan Pengcab Medan. Kebetulan di XTrim Indonesia dan IOF itu ada tim rescue, sehingga ada histori dan hubungan emosional antara personil dan lembaga atau organisasi berbeda itu.

Saat ini, PRD Covid-19 dibantu oleh 25 relawan dengan 4 kendaraan operasional yang akan melakuan penyemprotan disinfektan di wilayah Medan, Sumatera Utara.

Target utama adalah gang sempit di daerah pinggiran padat penduduk atau pemukiman warga menengah ke bawah yang masih kurang begitu disiplin di soal penerapan social distance.

Penyemprotan dilakukan sistematis, dengan mendata terlebih dahulu kawasan di seriap kecamatan dan kelurahan yang akan disemprot disinfektan. Nantinya, RPD Sumut juga akan turun di setiap ada bencana alam. seperti banjir, longsor atau gempa yang juga membutuhkan penyemprotan disinfektan.