0
2351

Ragam Filter Udara Pada Motor, Lebih Pilih Mana?

Gilamotor.com – Filter udara menjadi komponen yang jarang tersentuh, padahal fungsinya cukup penting bagi mesin. Masa pakai yang cukup panjang membuat pembersihan atau penggantian filter udara terabaikan. Filter udara akan menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke ruang bakar.

Masa pakai filter udara tergantung dari km motor, tetapi ada juga yang memiliki masa pakai yang panjang bahkan bisa dibilang seumur hidup. Berikut jenis filter udara :

Filter Udara Kertas

Gilmoters paling sering melihat filter udara jenis ini, hampir setiap pabrikan motor menggunakan filter jenis ini. Kertas dengan ketebalan dan pori pori yang padat mampu menyaring kotoran sehingga udara masih tetap bisa masuk.

(Baca juga: Lima Aksesori Yang Bikin Yamaha XSR 155 Semakin Ganteng)

Biasanya jenis ini hanya digunakan satu kali pakai dengan masa pemakaian 7.500 – 10.000, dan sangat tidak disarankan untuk dicuci karena bisa merusak pori-pori dari filter udara.

Filter Udara Busa

Motor klasik dan motor premium kerap masih menggunakan filter udara jenis ini. Filter udara busa masih bisa dicuci dengan sabun untuk membersihkan oli dan kotoran lainnya, tetapi jenis in sangat renta rusak saat dicuci karena bisa meruahk struktur pori porinya. Untuk penggantian setiap 12.000 km – 15.000 km.

Filter Udara Cotton

Filter BMC

Filter jenis ini cocok digunakan untuk motor dengan kapasitas cc besar pasalnya bahan filter yang menggunaan cotton mampu menyaring udara sangat baik. Untuk membersihkannya Gilmoters bisa menggunakan air namun tidak boleh disikat, kalian juga bisa menggunakan kit pembersih filter udara.

Filter Udara Stainless-Stell

Jenis ini terbilang bandel, dengan menggunakan bahan stainless-stell filter ini bisa digunakan seumur hidup Gilmoters. Ditambah dalam hal perawatan cukup mudah, kalian hanya cukup membersihan menggunakan air dan bisa menggosok menggunakan sikat halus.

Gilmoters tentunya sudah menemukan pilihan filter udara untuk motor kesanga kalian kan?