0
1855

Cara Ampuh Terhindar Dari Baut Karat Dan Selek

Gilamotor.com – Setiap motor pastinya memiliki baut pada bagian body ataupun mesin dengan beragam ukuran dan varian. Lama kelamaan tak jarang  beberapa baut ada yang selek atau karat, hasilnya akan merusak bagian tersebut dan malah membuat kantong bolong Gilmoters.

Dalam hal ini Gilmoters wajib mengingatkan dan memeriksa keseluruhan baut usai melakukan perawatan. Karena lupa sudah menjadi salah satu kebiasaan setiap orang, jadi untuk mengantisipasinya pemilik motor wajib memperhatikan nya.

“Kalo bisa, selalu ingetin mekanik ketika motor lagi di bengkel. Tujuannya agar memasang semua baut sesuai ukurannya, kalo bisa sambil loe cek lagi bagian bagian yang habis dibongkar,” ujar Heri mekanik Kartika Motor.

Pastinya jika ada baut yang patah atau mur yang rusak, Gilmoters akan menambah biaya perawatan seperti membuat drat baru atau tebus mur baru. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Bang Gilmot punya tips guna meminimalisir baut yang selek dan karat nih.

1. Antisipasi karat. Bersihkan mur dan baut dengan cara merendamnya di minyak tanah atau bensin, agar kotoran atau karat pada alur baut dan mur hilang. Setelah kering, gunakan pelumas oli untuk mencegah timbulnya karat.

2. Bila mur dan baut sulit dibuka karena karat, bersihkan mur dan baut dari kotoran yang menggumpal dengan minyak tanah atau cairan penghilang karat, sambil memukul perlahan-lahan kepala serta as baut dengan kunci atau obeng. Cara seperti itu bisa membuat cairan meresap ke sela-sela alur, sehingga mur dan baut mudah dibuka.

3. Gunakan kunci ring, kunci pas, atau obeng yang tepat, untuk menghindari baut dan mur selek.

4. Gunakan kunci momen agar mendapat tingkat pengencangan mur yang tepat. Hindari pengencangan yang terlalu keras, untuk menghindari mur dan baut aus atau patah.

Bagaimana sudah paham kan Gilmoters dalam hal antisipasi baut yang slek? Mumpung masih libur bisa coba tuh lakukan pengecekan baut bodi dan mesin pada motor kalian.