0
382

Tanpa Penonton Dan Swab Test Jadi Salah Satu Syarat Berjalannya Balap Motor di Indonesia

Gilamotor.com – Semakin kangen aja deh buat melihat adu kenceng di dalam sirkuit, terlebih masa pandemi covid-19 yang belum juga usai. Tetapi untuk para pembalap ada angin segar dari aturan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) selama masa pandemi covid-19 saat ini.

Protokol aktivitas kegiatannya di masa “New Normal” menyebutkan bahwa event IMI tanpa penonton dengan pertimbangan memutus rantai penyebaran Covid-19 Gilmoters. Hal tersebut sesuai dengan Kepres No. 11 Tahun 2020 mengenai penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 sebagai bencana nasional Gilmoters.

“Kita harus ikuti protokol Covid-19 dari pemerintah, kita juga harus menjalankan swab test  kepada semua peserta sebelum balapan. Selain itu kemungkinan tidak ada penonton saat event berlangsung,” terang Sadikin Aksa selaku Ketua Umum IMI.

Sadikin juga menjelaskan bahwa saat ini pihak IMI sudah membuat rancangan protokol aktivitas kegiatan IMI yang nantinya akan diajukan ke pihak Kementrian Kesehatan, Menpora dan tim Gugus Tugas Covid-19 Gilmoters.

“Kita sudah siapkan rancangan protokol aktivitas untuk kegiatan IMI. Nanti kita presentasikan ke Menpora dan minta persetujuan ke Gugus Tugas serta Kementrian Kesehatan.”

Adapun dalam draft protokol aktivitas IMI beberapa poinnya adalah kegiatan aktivitas harus dilakukan di luar ruangan. Selain itu pihak penyelenggara juga harus berkordinasi dengan otoritas kesehatan setempat mengenai waktu yang tepat dalam pelaksanaannya.

Selain itu pada saat di lokasi event, pihak IMI membuat aturan untuk semua peserta, diantaranya selalu menggunakan masker, jaga jarak aman, mencuci tangan dengan air sabun atau handsanitizer setiap 4 jam sekali.

Tak hanya itu, untuk aktivitas membuka pintu pihak IMI juga menghimbau agar menggunakan siku tangan, membersihkan ruangan kerja seperti kursi dan meja serta usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk di area kerja.