Bengkel Spesialis Motor 2-Tak D’Kins Speed
Ilustrasi foto motor 2 tak
0
609

Busi Tiarap Cocok Untuk Motor 2Tak, Apa Benar?

Gilamotor.com – Jangan asal untuk persoalan busi deh Gilmoters, pasalnya pihak pabrikan sudah mendesain dan menggunakan fitur sesuai kebutuhan dimasing – masing kendaraan Gilmoters.

Banyak yang beranggapan bahwa busi semua sama saja Gilmoters, kalo melihat fungsi memang begitu namun lain halnya dengan jenis dan fitur yang digunakan. Salah menggunakan tentunya hasil pembakaran tidak maksimal.

(Baca juga: Motor Ducati Seharga Rp 2,2 Miliar Hanya Dijadikan Pajangan)

“Penggunaan desain ‘tiarap’ tersebut tidak lepas dari peruntukan kendaraan busi ini, yaitu mesin motor 2tak dengan performa tinggi seperti motor balap atau motor trail,” jelas Yaumil Ichsan sebagai Technical Support PT NGK Busi Indonesia

Lebih lanjut Ichsan mengatakan “Sifat mesin 2tak cenderung lebih panas, hal tersebut diakibatkan oleh siklus pembakaran campuran oli samping, bensin, & udara yang menyisakan deposit karbon di ruang bakar, sehingga temperatur busi menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan desain busi khusus seperti elektroda ground tiarap untuk mendinginkan busi agar tidak mudah meleleh.”

Dapat disimpulkan Gilmoters yang menggunakan motor 2tak tentunya akan cocok banget untuk menggunakan busi tiarap. “Selain itu, dengan semakin pendek dimensi elektroda ground busi, maka akan semakin tinggi pula kemampuan busi tersebut pada saat memperoleh getaran & guncangan yang cukup hebat saat kendaraan tersebut digunakan di kondisi ekstrim seperti sirkuit balap maupun motocross, sehingga risiko elektroda busi patah bisa diminimalisir.”