Foto : Trio Motor
0
695

Bikers Anyar Wajib Paham Teknik Kontrol Gas Dan Pengereman Yang Aman

Gilamotor.com – Sebelum kalian menyebut diri sebagai bikers rasanya Gilmoters harus lebih tau dulu teknik kontrol gas dan pengereman yang aman. Pasalnya tanpa pengetahuan ini kalian hanya bikers yag membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Gilmoters harus tau dulu motor apa yang akan kalian gunakan dan fitur-fitur sepeda motor yang berhubungan dengan keselamatan berkendara, seperti sistem pengereman, instrumen lampu, kaca spion serta lainnya.

(Baca juga: Pro Kontra Penggunaan Masker Pada Helm Full Face, Ini Langkah Tepatnya)

Dengan mengetahui motor yang kalian gunakan dan fitur keselamatan motor Gilmotes bisa meminimalisir potensi bahaya saat berkendara. Kalau sudah paham kalian baru bisa melanjutkan ke tahap teknik berkendara, dalam hal ini bisa menggunakan motor dalam keadaan mati.

Dalam teknik pengereman kalian bisa mencoba dengan cara motor mati dan standar tengah, kemudian tarik tuas rem dengan 4 jari agar mendapatkan pengereman yang maksimal dan juga tarik tuas rem belakang atau injak pedal rem belakang kemudian tarik tuas kopling lalu turunkan kaki kiri Gilmoters. Dengan mengulang – ulang gerakan ini pastiya akan menjadi kebiasaan.

Sedangkan teknik kontrol gas dapat melakukan dengan membuka gas dengan cara diputar secara perlahan agar tenaga yang dikeluarkan dapat terkontrol dengan baik dan menutup putaran gas dengan cepat. Sebaliknya, jika terdapat tuas kopling tarik tuas kopling dengan cepat dan lepaskan secara perlahan.

Untuk teknik dasar pengereman, terdapat 3 tingkatan pelatihan. Pada tingkat pertama, fokus latihan kordinasi putaran gas, tuas rem/pedal rem dan tuas kopling. Tingkat kedua, berlatihlah mengerem dengan kecepatan lebih tinggi secara bertahap antara 30km/jam – 50km/jam.

Pada tahap ketiga, berlatih dengan kecepatan 60km/jam dengan jarak berhenti 17-20 meter dari titik awal penarikan tuas rem. Bikers dapat mengasah skill berkendara dengan sering melatih cara mengukur jarak pengereman ideal disepanjang lintasan yang dikhususkan untuk pelatihan berkendara, bukan di jalan raya loh Gilmoters.

Penggunaan teknik pengereman dan teknik bukaan gas secara intens sangat terasa ketika menghadapi tikungan di jalan raya. Dalam menghadapi tikungan, bikers perlu melakukan pengereman secara perlahan sebelum memasuki area tikungan dan menikung dengan kecepatan konstan.

Hindari mengurangi ataupun menambah bukan gas secara mendadak. Pastikan posisi sepeda motor dan postur tubuh saat berkendara dalam kondisi seimbang, sehingga bisa menghindari risiko tergelincir.

“Beragam ilmu teknik berkendara harus dikuasai para bikers untuk mengurangi potensi bahaya bagi pengendara maupun sekelilingnya. Tidak hanya teknik mengatur bukaan gas dan teknik pengereman, namun perlu juga diperhatikan beberapa teknik berkendara lainnya seperti postur tubuh yang tepat, teknik menghadapi berbagai situasi jalan raya, dan mengenal rambu-rambu lalu lintas,” tutup Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM.