Honda PCX
0
2426

Mau Touring? Ketahui Dulu Dasar – Dasar Isyarat Diperjalanan

Gilamotoro.com – Ada yang baru berencana untuk melakukan touring? jangan sembarangan Gilmoters, kalian harus tau isyarat atau kode – kode yang biasa diperjalanan.

Kode atau isyarat ini bukan hanya sering dilakukan dalam perjalanan touring, tetapi beberapa kode sering kalian temui guna memberikan info kepada pegendara lainnya.

(Baca juga: Lima Komponen Yang Bikin Motor 4tak Mengeluarkan Asap Putih)

“Ada beberapa sandi dasar ketika berkendara yang aman jika para biker melakukan perjalanan lebih dari 1 motor atau grup, agar perjalanan aman dan nyaman serta tidak mengganggu pengguna jalan lain,” buka Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Selain itu hal lain yang disarankan adalah untuk fokus dan tetap memberikan sandi-sandi aman berkendara di jalan raya. Ini berfungsi supaya teman dalam perjalanan saat konvoi bersama bisa menghindari jalan rusak atau berada di jalur yang benar Gilmoters.

“Hal ini dilakukan biasanya dilakukan oleh Road Captain yang merupakan pengendara sepeda motor yang memimpin perjalanan touring,” kata Ludhy. Tugas dari Road Captain adalah memberikan informasi kepada para anggota lainnya seperti untuk menghidupkan mesin, adanya jalan berlubang ketika diperjalanan, memberikan isyarat berbelok dan berhenti perlahan.

Berikut beberapa sandi atau isyarat dasar dalam berkendara grup yang perlu diperhatikan oleh seluruh anggota konvoi saat touring :

1. Menghidupkan Mesin

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk, hal ini mengisyaratkan kepada rombongan untuk menghidupkan sepeda motor nya.

2. Jalan Berlubang

Road Captain memberikan sandi dengan cara menurunkan tangan kiri yang menandakan bahwa ada jalan yang berlubang saat dilewati oleh rombongan.

3. Berbelok

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat tangan kiri lalu mengarahkan pada arah tujuan saat akan berbelok yang akan dituju oleh rombongan touring. Isyarat ini dilakukan sebelum berbelok.

4. Berhenti Perlahan

Road Captain memberikan sandi dengan mengepalkan tangan kiri-nya menandakan kita harus berhenti secara perlahan.

“Selain kita harus memahami sandi-sandi dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Pengendara juga wajib menggunakan Helm, Jaket, Sarung Tangan, dan Masker untuk selalu tetap #Cari_Aman saat berkendara,” tutup Ludhy.