0
1673

Si ‘Kancil’ Pengawal Presiden Dari Dulu Hingga Kini

Gilamotor.com – Pengawalan orang no 1 di Indonesia sudah dilakukan sejak era Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno, ‘Kancil’ menjadi istilah kepolisian untuk pengawal yang menggunakan motor dalam melakukan pengamanan orang no satu dan VVIP yang selalu berada di sisi kanan – kiri mobil Presiden.

Diketahui ada banyak jenis motor yang digunakan untuk mengawal Presiden seperti Victory, Yamaha P900, Yamaha FZR1300, BMW GS, 1200 dan H-D Electra Glide Ultra, namun tidak semua motor tersebut berada di sisi kanan dan kiri mobil Presiden.

(Baca juga: Lima Motor Andalan Tentara Perang Dunia ke-2)

Berikut motor pengawal Presiden:

H-D WLC

Harley-Davidson WL series sejatinya merupakan motor versi sipil yang diproduksi di Milwaukee, AS. Karena kebutuhan perang, lahirlah varian WLA yang kemudian dibesut oleh POMAL, PATWAL dan PM di Indonesia pada tahun 1965. Varian WLC dipilih menjadi kendaraan pengawal presiden era Soekarno, motor bergaya bobber ini memiliki kapasitas mesin 746cc.

Honda Dream CYP 305

Honda Dream CYP 305 pernah digunakan oleh pasukan patroli dan pengawalan (patwal) Presiden Soekarno. Motor denga kapasitas mesin 305 cc memiliki tenaga 23 tenaga kuda. Jangan kaget. Saking langkanya, harganya kini mencapai ratusan juta Gillmoters.

Honda Gold Wing GL1800

Bekal mesin 1.800cc bertenaga 124 dk dengan torsi puncak 170 Nm, membuat Presiden Jokowi kesengsem dengan Honda Gold Wing. Motor berbandrol Rp 1,01 Milyar yang hadi di IIMS 2018 ini bakal dibesut Paspampres. Honda Gold Wing menjadi motor yang spesial pasalnya hanya digunakan untuk pengawalan VVIP, seperti pengawalan Presiden, Wakil Presiden, ataupun kepala negara yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Yamaha FZ1

Dua moge misterius yang dibesut oleh dua orang berjaket serba hitam tampak kerap mendampingi mobil RI 1 saat melaju di jalan raya. Ya, motor berbasis Yamaha FZ1 dimaksud memang kerap dipacu oleh tim penyelamat Presiden (Tim Matan) dan punya mesin empat silinder segaris 998 cc, DOHC, dengan tenaga 150 dk.

https://www.instagram.com/p/CELGj4tB0fj/?utm_source=ig_web_copy_link