0
374

Dua Penyakit Yang Bikin Rem Motor Berdecit

Gilamotor.com – Pernah denger suara curut kejepit nggak? kira – kira mirip lah dengan suara rem yang berdecit. Suara ini pasti pernah kalian dengar dari motor dengan pengereman cakram dan tromol.

Ada banyak penyebab bunyi rem berdecit, terlebih kalau cuaca panas dan hujan. Penyebab pertama pasti karena kotor, mekanik dengan nama beken Komeng dari RPM Speed mengatakan ini menjadi hal wajar Gilmoters.

(Baca juga: LA 32 Riders Jadi Nostalgia Kumpul Alumni Kampus Yang Hobi Riding)

“Hal tersebut memang umum terjadi, maklum saja karena part tersebut selalu digunakan dan kotoran bisa dengan mudah masuk ke area tersebut. Jadi wajar kalau kotor, tetapi kalau sudah berdecit harus segera dibersihkan,” Ujar Komeng.

Bunyi decitan tersebut bisa juga berasal dari gesekan antar besi, kampas rem yang memiliki frame besi. Jika kampas sudah habis gesekan besi kampas dan piringan akan menimbulkan bunyi decitan yang kurang enak ditelinga Gilmoters.

“Bunyi decit juga berasal dari gesekan besi kampas dan besi piringan cakram. Selain bunyi dampak lainnya bisa membuat piringan cakram tergerus dan terkikis,” pungkasya.

Jangan sampai lalai untuk masalah ini Gilmoters, pasalnya keselmatan berkendara kalian bergantung pada rem yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju gerak roda.