0
1132

Mau Coba Subtitusi Spion Motor? Perhatikan Alurnya

Gilamotor.com – Tidak jarang setiap pemilik motor memiliki keinginan untuk megganti aksesori spion, baik dari merk motor lain atau lebih memilih produk aftermarket.

Dan kini sudah banyak toko-toko aksesori motor yang nawarin berbagai macam model spion. Mulai dari yang sporty hingga yang retro. Tetapi jangan asal beli Gilmoters.

(Baca juga: Kenali Ciri – Ciri V-Belt Motor Matic Yang Akan Putus)

Pasalnya, beberapa motor ada yang bentuk dan alur bautnya berbeda. Namun ada juga yang sama loh Gilmoters. “Spion di motor Honda membukanya searah jarum jam, dan untuk ngencengin sebaliknya. Nah, kalo untuk motor Suzuki, ngencenginnya searah jarum jam dan untuk ngebukanya berlawanan jarum jam,” ujar Maryono Kepala toko RPM Ciledug.

Alur spion motor Honda dengan Suzuki berbeda, walaupun sekarang sudah ada adaptor untuk spion, tanpa peranti ini Gilmoters udah bisa menggunakan spion motor merk lainnya.

Spion motor Honda dan Kawasaki memiliki arah ulir yang sama, antara spion kanan dan kiri, dengan diameter yang besar. Lebih lanjut Maryono bilang, untuk membuka spion cukup denga putar searah jarum jam, dan untuk memasang sebaliknya Gilmoters.

Selanjutnya spion yang bisa saling subtitusi dengan merk motor lainnya adalah Yamaha, Bajaj, dan TVS. Secara ukuran dan ulir baut sama, untuk spion sebelah kiri mengencangkan searah jarum jam, dan untuk sebelah kanan untuk mengencangkan cukup berlawanan dengan arah jarum jam, dan untuk membuka sebaliknya.

Kalo untuk Suzuki agak sedikit berbeda deh. Dengan ukuran diameter lebih kecil, spion ini memiliki alur yang sama dengan merk Honda. Jadi, untuk Gilmoters yang mau menggunakan subtitusi spion dari tetangga sebelah, wajib perhatikan alur dan ukuran diameternya ya.

Jaket Motor Sporty Suzuki