Ilustrasi busi platinum
0
2382

Yakin Busi Berbahan Platinum Bisa Jadi Andalan Motor Harian?

Gilamotor.com – Kalau Gilmoters dateng ke bengkel untuk membeli busi jangan kaget dengan tipe busi yang ditawarkan, banyak banget pastinya satu merk yang sudah dikenal di perbengkelan yaitu busi NGK punya 3 pilihan yaitu standard, G-Power, Iradium.

Lantas mau pilih yang mana untuk motor harian kalian Gilmoters? Busi berbahan platinum atau biasa dikenal istilah platina bisa jadi pilihan Gilmoters. Menurut Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia busi ini memiliki banyak kelebihan.

(Baca juga: Mau Touring? Ketahui Dulu Dasar – Dasar Isyarat Diperjalanan)

Yang pertama adalah bahan yang digunakan adalah platinum, bahan ini diklaim mampu bertahan terhadap panasnya suhu tinggi hingga 21% dari material nikel. NGK memberi nama busi ini dengan G-Power.

Bahan platinum ada pada ujung tip elektroda tengah (center electrode) dengan paduan nikel pada ground electrode yang menjadikan efek quenching pada saat terjadi pembentukan inti api dapat lebih berkurang.

Berkurangnya efek quenching membuat G-Power bertenaga dan optimal dalam proses pengapian loh Gilmoters. Bahkan, masih ada kelebihan lainnya yang bisa dirasakan saat motor menggunakan busi berbahan platinum dengan nama beken G-Power.

Di antaranya, meningkatkan efisiensi bahan bakar, emisi rendah dan mudah distarter, menghindari gangguan pada sistem elektronik, tahan lama di bawah suhu tinggi, lapisan atom anti korosi, dan ujung platinum dapat mengurangi tegangan yang diperlukan.

Secara tahta busi NGK G-Power ini diatas busi standard dan dibawah busi Iradium, jadi tidak ada salahnya jika Gilmoters naik kelas untuk soal pengapian. Tipe ini tersedia untuk type skutik, sport dan motor bebek.

Tentunya Gilmoters juga harus menyesuaikan kode busi dengan motor yang kalian gunakan agar busi bisa bekerja maksimal.