0
2021

Motor Asepan Jawara Honda di Indonesia

Gilamotor.com – Disuntik matinya teknologi mesin 2-tak oleh Honda membuat harga jual motor-motor penghasil asap buatan Honda kian meroket. Berikut adalah motor-motor Honda bermesin 2 tak yang sempat mengaspal di Indonesia.

Honda Nova RS

Lebih dikenal sebagai nenek moyang dari motor ayam jago Honda, medio 80-an, Honda Nova series masuk Indonesia melalui jalur impor. Motor yang hadir dalam dua varian (Nova R dan Nova S) ini dibekali mesin 2-tak berkapasitas 110cc.

(Baca juga: Masa Jaya Mini Bike di Era Milenial)

Honda Tena

 

Menggantikan generasi Nova series, bebek ayago Honda Tena sempat jadi legenda di balap underbone Asia Tenggara era 90-an. Honda Tena punya banyak varian. Mulai dari Tena S, Tena R, hingga Tena RS bermesin 105cc dan 110cc.

Honda Nova Dash

Dilansir di 1996, Honda Nova Dash hadir menggantikan Tena dengan pendongkrakkan kapasitas mesin menjadi 125cc. Langkah ini membuat tenaganya meningkat hingga 21,6 dk. Lepas mendapatkan facelift, akhirnya Nova Dash disuntik mati di medio 2000-an.

Honda NSR 150R

Mendebut di 1994, generasi pertama Honda NSR yang dipasarkan oleh AHM ini dibekali mesin 2 tak 149cc bertenaga 28 HP pada 10.500 rpm dengan teknologi RC Valve dan sistem pendingin radiator.

(Baca juga: Deretan Pembalap Legendaris Indonesia Era 60 – 70’an)

Honda NSR Astra

Jadi penyempurnaan model sebelumnya, Honda NSR 150RR alias NSR Astra disematkan wajah baru yang lebih sporti. Tidak ada perubahan dari sektor lumbung pacu, namun motor ini dilengkapi dengan sistem kelistrikan DC.

Honda NSR 150 New RR

Dipasarkan di Indonesia lewat importir umum, motor yang punya desain mirip Honda NSR SP namun dibekali dengan kaki-kaki bawaan NSR Astra ini mengusung mesin 149cc bertenaga 36 hp.

Honda NSR SP

Yang terakhir jadi idola Bang Gilmot yang gede di tahun 2000-an. Yes, Honda NSR SP. Berkat penggunaan mono arm alias pro arm alias single sided swingarm plus livery khas pacuan tim sayap kepak di GP500 membuat motor ini ganteng banget!