0
240

Penantian Panjang Kemenangan Tim Suzuki di MotoGP

Gilamotor.com – Musim balap MotoGP 2020 menjadi musim balapnya pabrikan Suzuki Gilmoters, pasalnya di tahun ini pabrikan Suzuki rutin naik podium dan sudah megunci gelar juara dunia MotoGP musim 2020 pada putaran balap Valencia GP di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol akhir pekan kemarin (15/11).

Gelar juara dunia lama absen dari tim Suzuki sejak tahun 2000 usai Kenny Roberts, Jr. memacu Suzuki bermesin 2-stroke, dan juara dunia tahun ini sekaligus menjadi hadiah terindah di hari ulang tahun ke-100 Suzuki di Dunia Gilmoters.

(Baca juga: Michelin Hadirkan 2 Produk Baru Untuk Pengguna Motor Sport)

“Kejuaraan Dunia? Kedengarannya luar biasa! Sangat sulit untuk menemukan kata-katanya saat ini, tetapi saya harus mengucapkan terima kasih kepada begitu banyak orang; kepada Suzuki atas kesempatan ini, saya sangat senang memberi mereka gelar! Menjadi orang yang memberi mereka mahkota lagi setelah 20 tahun adalah perasaan yang luar biasa dan kehormatan sejati,” ujar Joan Mir.

Memulai balapan 27 lap dari posisi 12 dan 14 di grid, Joan Mir dan Alex Rins tahu akan sulit untuk mengulang hasil 1-2 seperti yang mereka raih seminggu sebelumnya di Ricardo Tormo. Namun, kedua pebalap solid mulai mendapatkan tempat berguna di lap awal.

Sementara Rins mulai mengejar tim pemimpin, Mir bermain aman dan memastikan dia memiliki ban yang cukup panas sebelum mengambil alih posisi yang ada di depannya. Rins berhasil mencapai tempat kelima yang layak pada Lap 11, dan Mir naik ke delapan setelah satu putaran kemudian.

Dengan hanya beberapa lap tersisa, Rins telah menyesuaikan diri dengan ritme yang kuat dan dia menjaga agar para pesaingnya menjauh. Dia menempati posisi keempat yang kuat untuk menjaga dirinya dalam perburuan posisi kedua di Klasemen Kejuaraan, secara bersamaan membantu Tim Suzuki Ecstar mengamankan Kejuaraan Tim 2020.

Sadar akan apa yang harus dilakukan untuk merebut mahkota yang didambakan, Mir mengambil pendekatan yang tenang dan cerdas untuk balapan, menjaga ketenangannya dalam situasi tekanan tinggi dan menghindari risiko yang tidak perlu. Dia menyelesaikan Valencia GP di tempat ketujuh, tetapi yang terpenting memiliki selisih 29 poin di klasemen, yang berarti dia dipastikan sebagai Juara Dunia MotoGP 2020, pencapaian luar biasa hanya di musim keduanya di kelas MotoGP

Wajib Gilmoters ketahui nih gelar Juara Dunia musim 2020 adalah gelar ke-16 bagi Suzuki dan yang ke-2 bagi Joan Mir, setelah mahkotanya saat masih berlaga di kelas Moto3 pada tahun 2017 lalu. Joan Mir adalah pebalap ke-10 dalam sejarah yang memenangkan gelar Juara Dunia menggunakan Suzuki, ditinjau dari semua kategori, dan menjadi pebalap yang ke-7 di kelas 500cc / MotoGP.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Tim Suzuki Ecstar dan Joan Mir yang telah memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP di musim yang sulit dan belum pernah terjadi sebelumnya karena situasi COVID-19 pada tahun 2020. Juga kepada Alex Rins, yang telah mengumpulkan kejuaraan luar biasa, masih dalam perebutan tempat kedua,” tutup Mr. Toshihiro Suzuki, Presiden Suzuki Motor Corporation.