0
534

Akhir Tahun AHM Diganjar Penghargaan Kemendikbud

Gilamotor.com – Berkat konsistensi pabrikan sepeda motor Honda dalam mendukung pendidikan di Indonesia, menjelang akhir tahun 2020 PT Astra Honda Motor (AHM) diganjar penghargaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Gilmoters.

Apresiasi Pendidikan Vokasi Kepada Dunia Usaha dan Dunia Industri ini diberikan kepada perusahaan yang memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dari lulusan pendidikan vokasi sebagai investasi jangka panjang.

(Baca juga: Tunjukan Eksistensi Piaggio Indonesi Boyong Generasi 3 Moto Guzzi V7)

Penyerahan penghargaan diberikan secara langsung oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud RI Ahmad Saufi dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim (21/12).

“Kami tidak hanya mengembangkan kualitas para siswa vokasi dengan kompetensi teknik sepeda motor, mereka juga dibekali dengan keahlian bisnis dan manajemen wirausaha bengkel. Sehingga, kami berharap lulusan SMK yang bekerjasama dengan AHM dapat menjadi generasi muda yang siap kerja, cerdas, dan mandiri,” ujar Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM.

Ternyata Gilmoters, program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM selama satu dekade sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda.

Siswa dari 687 SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Dan saat ini tercatat jumlah guru produktif di seluruh SMK TBSM Astra Honda berjumlah 3.462 orang. Selain itu, terdapat 62 SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi sebelum berkompetisi di dunia industri.

Tidak sampai disitu saja Gilmoters AHM juga membekali siswa dengan pelatihan kompetensi untuk bengkel wirausaha muda yang tergabung pada Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP). Program ini merupakan program berkala tahap lanjut bagi alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan telah memiliki usaha bengkel sepeda motor.