Foto: wsj.net
0
1170

Langkah Mudah Membuat Motor Lebih Irit Bahan Bakar

Gilamotor.com – Hemat bahan bakar tentunya menjadi impian Gilmoters dalam menggunakan sepeda motor. Terlebih motor ini digunakan untuk harian, merespon hal ini pihak pabrikan juga terus berupaya memberikan teknologi terbaru untuk menjadi pilihan bagi konsumen yang cari motor irit bahan bakar.

Seperti halnya pabrikan Honda, dengan beberapa teknologi yang kini masih tetap di usung. Progammed Fuel Injection (PGM-FI) di seluruh sepeda motor Honda, enhanced Smart Power (eSP), hingga Idling Stop System (ISS) yang telah melengkapi skutik-skutik terbaru Honda.

(Baca juga: Sedikit Ubahan Suzuki Nex Crossover Lebih Mendukung Kenyamanan)

Kondisi motor tentunya menjadi penentu terlebih jika motor dalam kondisi standar. Tentunya perlakuan dan gaya berkendara yang harus Gilmoters lakukan. Namun Muhammad Ali Iqbal, Community Development & Safety riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta punya tips membuat motor lebih irit diantaranya:

– Panaskan mesin motor sebelum berkendara.

Cukup dalam waktu 30 detik Gilmoters bisa memanaskan motor, tujuannya adalah untuk memperoleh suhu ideal mesin serta memastikan seluruh komponen mesin memperoleh pelumasan secara optimal.

– Perhatikan tekanan udara pada ban motor.
Ban sepeda motor yang kekurangan tekanan udara (kurang angin) akan membuat beban sepeda motor bertambah, ukuran ideal nya adalah 29 – 30 psi untuk ban depan dan 31 – 33 psi untuk ban belakang.

– Usahakan menggunakan kecepatan konstan.

Kecepatan yang konstan sangat terbukti bisa membuat motor lebih irit, terlebih jika motor bisa kalian pacu di 40 km/jam. Hal ini sudah pernah Bang Gilmot lakukan dalam beberapa kali pengetesan motor.

– Kurangi akselerasi dan deselerasi berlebihan saat berkendara sepeda motor.

Akselerasi dan deselerasi yang dilakukan secara berlebihan membuat pengendara membuka dan menutup gas secara ekstrim. Hal ini menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan meningkatkan jumlah konsumsi bahan bakar.

– Tidak membiarkan mesin menyala saat sepeda motor berhenti.

Di jalan-jalan kota yang padat dimana banyak terdapat APILL, konsumsi bahan bakar banyak terbuang saat sepeda motor berhenti tapi mesin dalam keaadaan hidup. Pengguna skutik Honda terkini dimudahkan dengan keberadaan fitur Idling Stop System (ISS). Fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis ketika sepeda motor berhenti dan dalam keadaan idling selama 3 detik. Untuk menghidupkan mesin kembali, pengendara cukup memutar tuas gas secara perlahan.