0
527

Motor Jadul Dengan Desain Nyeleneh

Gilamotor.com – Kini mungkin sudah jarang Gilmoters menemukan motor dengan desain nyeleneh, namun dahulu di medio 1920 an ternyata pabrikan motor punya desain unik dan nyeleneh.

Bang Gilmot sudah mengumpulkan gambar serta data singkat dari deretan motor jadul dengan desain tampang dan mesin yang cukup nyeleneh di eranya:

(Baca juga: Pegiat Kustom Buktikan Karya Dimasa Pandemi Lewat Kustomfest 2020)

Aermacchi Chimera

Awalnya hanya memproduksi pesawat medio 1931, namun medio 1956 pabrikan ini memproduksi motor Aermacchi Chimera. Hadir dalam dua varian 175cc dan 250cc buah karya Alfred Biachi jadi motor yang unikdan tak lazim. Penggunaan plat dibuat menyambung untuk menjadi bagian tangki dan bodi, bahkan cover mesin tertutup bak cover mesin pesawat.

Megola

Berasal dari pabrikan Jerman, medio 1921 sampai 1925 Megola mulai mengaspal. Mesin 5 silinder 640cc bertenaga 14 hp yang ditawarkan terbilang anti mainstream, pasalnya mesin Megola terletak di roda depan dan untuk menghidupkan roda depan harus diputar terlebih dulu, sementara motor tanpa kopling ini hanya dibekali satu gigi transmisi.

Henderson KJ Streamliner

Pakem desain Art Deco jadi inspirasi Henderson KJ yang diperkuat oleh rancangan streamline dari motor produksi tahun 1929 ini. Walau gemuk, namun mesin 1300 ccnya sanggup melaju hingga kecepatan 160 km/jam.

Majestic

George Roy bertanggung jawab membidani proses kelahiran motor penganut konsep desain Art Deco ini di Paris Motor Show 1929. Majestic tampil perdana mengusung mesin Cleveland 4-61 1000cc.

Quasar

Di Inggris Malcom Newell dan Ken Leaman memproduksi Quasar pada tahun 1976. Motor bermesin 4 silinder 750cc ini dibekali dengan atap dan jok tunggal plus wiper di kaca depan.