Foto : Wahana Honda
0
818

Supaya Tidak terlihat Tua, Ini Cara Mendirikan Moge Yang Benar

Gilamotor.com – Motor gede (Moge) tentunya memiliki bobot yang berat Gilmoters, walaupun nyaman untuk digunakan tentunya motor ini bukan untuk digunakan terlebih jika minim ddalam pengetahuan dan pengalaman seputar roda dua.

Tenaga yang jauh lebih besar dan bobot kendaraan yang lebih berat dari pada sepeda motor pada umumnya membutuhkan tanggung jawab, ketrampilan dan kesadaran yang lebih. Salah satunya adalah ketika motor besar yang digunakan terjatuh atau roboh karena kehilangan keseimbangan.

(Baca juga: Lewat Touring, Motorbaik Tampakan Wajah Pariwisata Saat Pandemi Covid-19)

Tentunya tidak bisa sembarangan dalam mendirikan moge yang roboh, selain bisa mengakibatkan cidera Gilmoters bisa terlihat tua karena tidak sanggup membagunkan moge. Padahal dengan teknik yang benar umur bukan halangan untuk mendirikan moge.

“Tindakan yang dilakukan saat mendirikan motor besar yang terjatuh atau roboh berbeda dari sepeda motor pada umumnya. Tindakan yang tidak tepat justru berpotensi menimbulkan cidera pada pengendara itu sendiri, misalnya justru jatuh tertindih sepeda motor atau ada otot yang kesleo saat memaksa mengangkat motor dengan cara yang salah”. tutur Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Tanpa bantuan oranglain tentunya Gilmoters bisa mendirikan moge dengan cara yang aman:

A. Ketika motor besar jatuh ke arah kiri
1. Pastikan tidak kebocoran oli atau bahan bakar pada sepeda motor
2. Bersihkan area sekitar ban dari pasir agar tidak tergelincir saat sepeda motor akan didirikan.
3. Pegang stang kemudi dengan kedua tangan dan tarik kuas rem depan untuk memastikan roda depan tidak akan bergerak sama sekali.
4. Putar stang kemudi ke posisi kanan penuh
5. Angkat sepeda motor ke posisi tegak dengan satu pergerakan, dukung dengan memakai paha kanan dan pinggang untuk menyangga sepeda motor
6. Turunkan standar samping dengan kaki kanan kemudian sandarkan sepeda motor.
B. Ketika motor besar jatuh ke arah kanan
1. Pastikan tidak kebocoran oli atau bahan bakar pada sepeda motor
2. Bersihkan area sekitar ban dari pasir agar tidak tergelincir saat sepeda motor akan didirikan.
3. Turunkan standar samping (side stand) dengan tangan.
4. Tarik tuas rem depan dan putar stang kemudi ke posisi kiri penuh.
5. Angkat sepeda motor ke posisi tegak dengan satu pergerakan, dukung dengan memakai paha kanan dan pinggang untuk menyangga sepeda motor.
6. Sepeda motor sudah dapat ditopang oleh standarnya sendiri.