Foto: Otomania.com
0
1424

Bebek 2 Tak Legendaris Poduksi Yamaha Motor Indonesia

Gilamotor.com – Karena produksinya telah dihentikan, bandrol beberapa motor bebek produksi pabrikan garputala bermesin 2 tak ini kian melambung.  Tidak jarang motor asapan dari Yamaha ini cukup sulit di temukan pada beberapa tipe.

Pencarian motor pun berujung restorasi, beberapa bengkel dan penyedia part aksesori pun mendapat keuntungan berkat meangbungnya penggemar bebek 2 ini. Berikut daftar motor 2 tak Yamaha:

(Baca juga: Motor Jadul Dengan Desain Nyeleneh)

Yamaha V80

Foto: Lapak motor bekas

Usai mengenalkan dua generasi V-series akhirnya medio 1978 Yamaha Indonesia memproduksi Yamaha V80 atau lebih dikenal ‘Yamaha Robot’ karena desain bodi yang mengotak. Menggunakan mesin 2-tak 1 silinder dengan kapasitas 79cc yang mampu memberikan tenaga 6,7 hp. Kala itu teknologi sistem pelumas sudah menggunakan Autolube atau pompa otomatis oli ke mesin.

Yamaha Alfa

Foto: Pertamax7.com

Jadi pelopor motor dengan rangka pipa dan bodi plastik di 1988, Yamaha Alfa dibekali mesin 2-tak 102cc bertenaga 9 hp. Yamaha Alfa punya beberapa varian, antara lain: Yamaha Alfa, Alfa II, Alfa II R, Alfa II Z sebelum tergantikan oleh Yamaha Sigma.

Yamaha Alfa Champ

Foto: Pertamax7.com

Berpenampilan ayam jago motor 2-tak ini masih keluarga Alfa series, untuk bersaing dengan kompetitornya masa itu Yamaha Alfa Champ dibekali garpu depan bak motor sport serta lampu depan yang dibalut batok plastik. Sementara untuk mesin mengandalkan dari turunan Yamaha Alfa series dan berakhir ditahun 1994.

Yamaha Force 1

Foto: Otojurnalisme.com

Medio 1992 tampilan bebek 2 tak mulai dapat pencerahan dengan hadirnya Yamaha Force 1 dengan balutan bodi plastik yang lebih modis masa itu. Mesin Alfa series didongkrak kapasitasnya menjadi 110cc bertenaga 10,5 hp dengan sistem pendingin YPCS (Yamaha Power Cooling System).

Yamaha F1zr

Foto: Carousel

Perkembangan bebek 2-tak yang terus bertransformasi medio 1997 Yamaha langsung menggebrak pasar Indonesia dengan Yamaha F1ZR dengan tampilan bodi yang sporty. Masa jaya motor 2-tak Yamaha terus berkibar hingga 2004 dengan beberapa ubahan livery spesial edition dan varian pelk palang berbahan alloy. Dibekali mesin berkapasitas 110,4cc dengan tenaga 11,8 dan kopling manual membuat Yamaha F1ZR jadi andalan pembalap nasional.