0
584

Motor Listrik BL-SEV01 Siap Lakukan Uji Jalan di Sirkuit

Gilamotor.com – Kendaraan ramah lingkungan yang terus didorong keberadaannya membuat para akademisi Universitas Budi Luhur terus melakukan inovasi dengan berbagai terobosan. Kali ini motor listrik dengan nama BL-SEV01 mulai diperkenalkan.

Masuk dalam proses uji jalan nantinya akan dilakukan langsung di area sirkuit Gilmoters. Sebelum itu BL-SEV01 sudah melalui proses panjang, dengan menggunakan nama BL-SEV01 tentunya ini menjadi identitas dari Budi Luhur – Sport Electric Vehicle yang pertama Gilmoters.

(Baca juga: Ketahui Biaya dan Syarat Pembuatan SIM Gratis)

“Kami memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas,” kata Kasih Hanggoro, MBA, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Di sisi lain, Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M., menjelaskan bahwa pengemban yang dilakukan sejalan dengan teknologi di era industri 4.0. “Para akademisi tidak bisa hanya berdiam diri namun harus bisa berkembang untuk berpikir jauh ke depan demi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia,” paparnya.

“Semoga hasil pemikiran dan wawasan teknologi motor listrik yang dihadirkan Universitas Budi Luhur mendapat dukungan dari semua pihak demi kemajuan industri yang ramah lingkungan, ekonomis, dan solusi untuk energi terbarukan,” tandasnya.

Baik pengajar dan mahasiswa UBL mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01. Ketiga komponen itu sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia.

Semua komponen yang dikembangkan ini, menurut Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL Sujono, sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

“Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere,” jelasnya.

Dengan konfigurasi tersebut, lanjutnya, motor ini diklaim mampu melaju hingga 110 km untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai sekitar 3-4 jam. Pada desain dipilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Dan tidak tanggung tanggung pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc. Tahap selanjutnya, pihak UBL bakal melakukan uji jalan di trek balap.