0
643

Empat Hal Yang Membuat Berkendara Aman Dimusim Hujan

Gilamotor.com – Kini beberapa wilayah di Indonesia tengah memasuki musim hujan Gilmoters, bukan berarti dalam kondisi hujan menjadi alasan Gilmoters malas dalam berkendara.

Alasan lain yaitu faktor keamanan, padahal jika Gilmoters mempersiapkan dan menguasai teknik berkendara tentunya kalian akan aman dalam berkendara.

(Baca juga: Moge Mesin 6 Silinder Pilihan Kaum Mapan)

Dalam kondisi hujan tentunyaGilmoters wajib mengenakan jass hujan model baju dan celana. Disaming itu situasi jalanan akan menjadi becek dan licin sehingga jarak pandang, pengereman dan pengaturan gas berbeda pada umumnya Gilmoters.

Ada empat hal yang wajib Gilmoters perhatikan saat musim hujan tiba seperti:

1. Periksa Fungsi Lampu Kendaraan

Cek seluruh lampu motor kalian Gilmoters, apakah berfungsi dengan baik? Lampu sangat membantu kita untuk melihat dalam jarak pandang terbatas karena hujan. Terus nyalakan lampu utama dari siang hari dan hujan gerimis untuk memberitahukan posisi kendaraan kalian pada pengendara lain di jalan.

2. Periksa Kondisi Ban

Gilmoters bisa cek kondisi tekanan udara ban dan kedalaman alurnya secara rutin minimal seminggu sekali. Kondisi baik dari dua hal ini dapat membantu motor ber-aqua planing atau melayang di atas air dan tergelincir atau selip.

3. Kurangi Kecepatan Saat Mengendarai Motor

Dalam kondisi hujan Gilmoters harus ekstra hati-hati dalam membawa motor karena permukaan jalan pasti licin dan dapat membuat ban Anda selip. Berkendara dengan kecepatan yang sedikit lebih rendah lebih baik karena daya cengkram bannya jauh lebih kuat.

4. Jaga Jarak Aman

Saat hujan jarak pandangan atau tingkat visibilitas kita jadi semakin terbatas. Jangan ragu untuk menggunakan klakson atau lampu jauh untuk menandai keberadaan kita saat kita akan melewati kendaraan di depan. Selain itu patut diingat bahwa saat hujan, jarak aman pengereman motor membutuhkan estimasi jarak yang lebih jauh ketimbang saat kering Gilmoterss.

Dan satu lagi Gilmoters, ketika ingin menerobos banjir pastikan air tidak lebih tinggi dari knalpot kalian ya. Dan tetap selalu stabil memutar gas guna meminimalisir air masik ke dalam knalpot dan merusak mesin karena tercampur oli.