0
983

Motor Listrik BL-SEV01 Tidak Maksimal Dalam Jalani Sesi Tes

Gilamotor.com – Usai diperkenalkan ke publik kini motor listrik Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) masuk dalam sesi pengetesan secara langsung di sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dalam sesi pengetesan motor listrik BL-SEV01 di tunggangi langsung oleh salah satu alimni Universitas Budi Luhur yaitu Galih Aji Prakoso. Galih sendiri sudah mengukir sejumlah prestasi nasional di berbagai arena, mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race dan lain-lain.

(Baca juga: Diperkuat Pembalap Muda Dan Lenovo, Tim Ducati Semakin Percaya Diri)

Pengetesan kali ini tentunya tidak maksimal Gilmoters, pasalnya Galih yang menunggangi motor listrik motor listrik BL-SEV01 hanya menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan mulus dengan catatkan top speed hingga 100 km/jam.

Dan berakhir adanya permasalahan ssehingga harus dihentikan. Tidak pada sektor mekanisnya melainkan teknis, alias komponen pendukungnya saja Gilmoters. Saat pembalap kelahiran 1993 ini hendak membidik kecepatan lebih tinggi, BL-SEV01 mengalami permasalahan ketika memasuki tikungan S kecil. Kuda besi ini kembali ke dalam paddock pit dan langsung dianalisis.

Usai pemeriksaan, titik permasalah pada bagian gear set. Komponen yang digunakan sekarang ini mengalami pengurangan performa setelah melewati beberapa lap di Sirkuit Sentul. Walaupu tidak dijabarkan secara rinci sepertinya penggunaan ban berukuran besar menjadi salah satu pengaruhnya Gilmoters.

Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL, Sujono mengakui setelah BL-SEV01 dievaluasi ternyata permasalahan di gear set depan pada rantai yang giginya kalah habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit.

“Kami bersyukur motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal. Pengetesan pertama ini kami akhiri dahulu nanti kita evaluasi dan lanjutkan pengetesan kedua di Sirkuit Sentul kembali,” tambahnya.

Menanggapi soal ini, Hanggoro mengamini keinginan Sujono untuk melakukan kembali pengujian kedua di lintasan yang sama dalam beberapa waktu ke depan.

“Saya akan support terus pengembangan motor listrik BL-SEV01 sebagai karya anak bangsa yang dikerjakan langsung oleh Dosen dan Mahasiswa UBL, yang bekerja sama dengan LIPI,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW atau setara 21 hp, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Untuk pengecasan baterai hingga mencapai titik maksimal atau penuh, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam.