0
247

Tips Berkendara Irit BBM Sekaligus Aman Dimusim Hujan

Gilamotor.com – Musim hujan yang tentunya masih sering Gilmoters jumpai sepanjang bulan Februari bukanlah rintangan dalam berkendara. Asal kalian berhati hati dan lebih dulu mengantisipasi tentunya bisa membuat berkendara semakin nyaman dan aman.

Melihat hal itu Yamaha Riding Academy (YRA) menyuguhkan sejumlah tips bermanfaat yang dapat diterapkan pengguna sepeda motor. Tips ini tentunya sangat bermanfaat untuk Gilmoters pengguna sepeda motor yang rutin menjalankan aktivitas keseharian.

(Baca juga: Apparel Ini Yang Harus Dipersiapkan Bikers Di Musim Hujan)

”Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan. Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan beberapa tips yang bisa dijalani ketika menghadapi kondisi hujan di jalanan,” papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berikut beberapa tips berkendara saat hujan yang aman :

1. Jaga jarak aman

Dalam kondisi hujan atau jalan basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi / daya cengkram pada karet bundar berkurang.

2. Selalu Waspada

Berkendara tentunya harus fokus, dalam kondisi hujan Gilmoters tentunya harus tetap waspada baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman dan stabil. Tentunya hal ini bisa membuat konsumsi bbm jadi lebih irit Gilmoters.

3. Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram karet bundar terhadap permukaan jalan yang basah berkurang. Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

4. Penggunaan Safety Gear

Safety gear yang harus kalian persiapkan tentunya jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), helm dengan visor bening, sepatu anti air / karet, sarung tangan.

5. Keamanan Motor

Selain perlengkapan yang Gilmoters gunakan tentunya kalian juga harus memperhatikan kendaraan yang digunakan, seperti kondisi rem, pattern ban, tekanan angin, electrical, bodi motor yang terpasang dengan baikguna menghindari konsletig listrik karena air yag masuk.

DCIM100GOPROGOPR5820.JPG