0
812

Ban Michelin Kini Hadir Tanpa Kemasan, Masihkah Aman Digunakan?

Gilamotor.com – Saat ini tentunya Gilmoters sudah terpaku dengan ban sepeda motor baru yang dikemas menggunakan plastik, namun ternyata dampak penggunaan plastik sekali pakai berdampak pada lingkungan Gilmoters.

Saat ini pemerintah tengah mengurangi penggunaan plastik yang diatur oleh Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2017 tentang pengurangan sampah plastik hingga 30 persen pada tahun 2025.

(Baca juga: Pimpin Pasar Eropa, Piaggio Masih Punya Produk Anyar)

“Michelin berpegang teguh pada komitmen menciptakan proses bisnis yang berkelanjutan, dengan menggunakan pendekatan ekonomi sirkular yaitu mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), mendaur ulang (recycle), dan memperbarui (renew),” kata Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette.

Kini Michelin menghilangkan bungkus plastik pada ban dan secara signifikan mengurangi sampah plastik sekali pakai yang dihasilkan oleh produk Michelin. Steve juga memastikan penghilangan bungkus plastik tidak akan mempengaruhi kualitas dan performa ban.

Steven juga menjelaskan saat ini, mayoritas negara di dunia di mana Michelin menjalankan bisnisnya sudah tidak lagi menggunakan pembungkus plastik untuk ban roda dua maupun ban roda empat. Meskipun penjualan ban mobil penumpang di Indonesia tidak menggunakan bungkus plastik, sebagian besar ban roda dua masih dibungkus plastik.

“Setiap tahun Michelin dan Multistrada Arah Sarana menghabiskan rata-rata 300.000 kilogram plastik untuk membungkus ban. Bungkus ini pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Pada 2022 kami menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban,” Kata Steven.

Untuk memudahkan penjual dan pengguna untuk menemukan ban yang mereka butuhkan, Michelin memasang stiker berdasarkan pola, kategori dan ukuran. Semua informasi tentang ban dapat ditemukan pada stiker.

Guna memastikan proses pengiriman berjalan lancar dan ban diterima dalam kondisi prima, sebelum inisiatif ini diluncurkan Michelin telah melakukan serangkaian uji pengiriman dari pabrik di Thailand dan Cikarang, Jawa Barat menuju gudang distribusi Michelin di Jakarta dan Cikarang, hingga ke toko distributor di Jawa Timur dan Bali.

Mulai 1 Maret 2021, konsumen bisa mendapatkan ban motor Michelin tanpa bungkus plastik di toko-toko Planet Ban dan toko distributor lainnya di seluruh Indonesia.